KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA DAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA


Hidayati Uliani, 2101415043 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA DAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA DAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEBAK KATA DAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis terdapat dalam kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 12 Semarang, salah satu masalah yang dialami peserta didik saat pembelajaran menulis karena proses pembelajaran yang kurang kreatif, inovatif, menarik, dan menyenangkan, sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi belum maksimal karena mereka kesulitan mengorganisasikan isi, struktur, kaidah kebahasaan, diksi dan mekanik. Masalah dalam pembelajaran menulis tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat, aktif, kreatif, inovatif, menarik dan menyenangkan agar tercapai pembelajaran yang maksimal dan efektif. Oleh karena itu dipilih metode tebak kata dan make a match dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kedua metode pembelajaran tersebut dibandingkan agar diketahui metode manakah yang paling efektif untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Selain itu juga perlu ditunjang dengan media pembelajaran yang menarik, sesuai dengan metode dan materi pembelajaran seperti media kartu berpasangan, seperti penggunaan media kartu berpasangan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode pembelajaran tebak kata berbantuan media kartu berpasangan pada peserta didik kelas XI SMA? (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode pembelajaran make a match berbantuan media kartu berpasangan pada peserta didik kelas XI SMA? (3) bagaimana perbandingan keefektifan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode tebak kata dan make a match berbantuan media kartu berpasangan pada peserta didik kelas XI SMA? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian semu (quasi experimen) dan desain penelitian ini adalah nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu peserta didik kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMA Negeri 12 Semarang. Variabel bebas penelitian ini yaitu metode tebak kata dan make a match, sedangkan variabel terikat dalam ix penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan teknik nontes berupa tindakan observasi sikap peserta didik. Teknik nontes hanya digunakan sebagai pendukung agar pembelajaran menulis teks eksplanasi menjadi lebih maksimal dan efektif, tetapi yang menjadi fokus utama adalah nilai pembelajaran menulis teks eksplanasi. Instrumen yang digunakan dalam teknik nontes berupa lembar observasi sikap dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis nilai sikap dan analisis nilai keterampilan. Dalam penelitian ini proses pengolahan data dibantu program SPSS versi 23. Uji dalam proses pengolahan data antara lain normalitas, reliabilitas, validitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode make a match terbukti lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi daripada metode tebak kata. Hal tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata dari hasil penilaian sikap pada peserta didik kelas eksperimen I yang menerapkan metode tebak kata sebesar 92,50, sedangkan peserta didik kelas eksperimen II yang menerapkan metode make a match sebesar 90,42, dan kedua kelas tersebut berkategori sangat efektif. Pada penilaian hasil keterampilan menulis teks eksplanasi terdapat selisih antara nilai pretest dan posttest kelas XI IPS2 sebesar 10,55, sedangkan kelas XI IPS 3 sebesar 19,45. Hasil pretest dan posttest pada uji paired sampel t test nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima dan dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Selanjutnya hasil pretest pada uji independent sampel t test nilai signifikansi (2-tailed) 0,012 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Hasil posttest pada uji independent sampel t test nilai signifikansi (2-tailed) 0,748 < 0,05, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Saran peneliti kepada guru Bahasa Indonesia hendaknya menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Khususnya ketika akan mengajarkan menulis teks eksplanasi sebaiknya menggunakan metode tebak kata dan make a match karena sudah terbukti efektif dan ditambahkan media pembelajaran berupa kartu berpasangan karena tepat untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi. Bagi para peserta didik hendaknya menerapkan metode tebak kata dan make a match, karena diharapkan dapat membantu peserta didik belajar dengan mudah dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang hampir sama dan diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi menulis teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis teks eksplanasi, metode tebak kata, metode make a match, media kartu berpasangan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 14:03
Last Modified: 11 Dec 2019 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item View Item