PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA KELAS XI SMA


Iga Noor Khayati, 2101415036 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA KELAS XI SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA KELAS XI SMA) - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting dan memiliki dampak yang berpengaruh dalam pembelajaran. Namun, kesesuaian bahan ajar khususnya pada kompetensi memproduksi teks eksplanasi yang ada dengan berlakunya kurikulum 2013 menuntut untuk adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dan memiliki muatan karakter bagi siswa. Selain itu, kebutuhan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dibutuhkan sesuai dengan program pemerintah yang disebut dengan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Sebab itu, penelitian ini diperlukan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar memproduksi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan bagi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kebutuhan pengembangan bahan ajar memproduksi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan untuk peserta didik dan guru XI SMA, (2) prototipe buku bahan ajar teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan, (3) penilaian pendidik dan ahli terhadap prototipe bahan ajar memproduksi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan, dan (4) perbaikan produk bahan ajar memproduksi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan. Data dikumpulkan dengan metode Research and Development (RnD) yang dibtasi sampai dengan lima tahap saja yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validas desain, dan revisi desain. Sasaran penelitian ini adalah guru kelas XI SMA, siswa kelas XI SMA di Kabupaten Semarang, dan dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar memproduksi teks eksplanasi bermuatan karakter peduli lingkungan yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa kelas XI SMA serta berpedoman pada panduan penyusunan bahan ajar dikategorikan sangat baik berdasarkan penilaian atau uji validasi guru dan dosen ahli. Bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber maupun pedoman belajar pada Kompetensi Dasar memproduksi teks eksplanasi secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks eksplanasi, karakter peduli lingkungan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 14:04
Last Modified: 11 Dec 2019 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33759

Actions (login required)

View Item View Item