PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII


Ratna Elida Prameswari, 2101415032 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN MENELAAH STRUKTUR TEKS PERSUASI BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (845kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, buku pengayaan dapat digunakan sebagai buku pendamping bagi peserta didik. Penggunaan buku pengayaan dapat menambah pengetahuan peserta didik dalam memahami materi yang belum tersaji dalam buku teks. Sehingga, buku pengayaan dapat mendukung kegiatan pembelajaran dan membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Namun pada kenyataannya, dalam kegiatan pembelajaran pendidik hanya terpaku pada satu buku teks yang disediakan oleh pemerintah. Akibatnya, pendidik dan peserta didik mengandalkan sumber materi dari internet untuk dijadikan sebagai materi tambahan. Keterbatasan buku pengayaan di perpustakaaan sekolah menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya variasi dalam penggunaan sumber belajar bagi peserta didik. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam menguasai materi, khususnya pada kompetensi menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi peserta didik SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal bagi peserta didik SMP kelas VIII; (2) menyusun prototipe buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal bagi peserta didik SMP kelas VIII; (3) mendeskripsikan penilaian buku pengayaan teks persuasi bermuatan kearifan lokal bagi peserta didik SMP Kelas VIII; dan (4) menyusun perbaikan pengembangan buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal bagi peserta didik SMP Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Researchand Development (R&D) yang meliputi lima tahap, di antaranya yaitu (1) potensi dan masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) desain produk; (4) penilaian produk; dan (5) perbaikan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengisian angket yang terdiri atas angket kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan dan angket penilaian produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu dengan menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan dan menyimpulkan data yang telah diperoleh melalui angket. ix Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang dijabarkan sebagai berikut. Hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan yang meliputi (1) materi/isi buku terdiri atas hakikat teks persuasi, hakikat kearifan lokal, menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi, dan contoh-contoh teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal; (2) penyajian materi diawali dengan pengantar, lalu disajikan contoh teks, kemudian disajikan dengan penjelasan materi; (3) bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami, dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik SMP kelas VIII; (4) grafika buku pengayaan meliputi bentuk buku yang vertikal, berukuran B5, tebal buku 40-50 halaman, sampul buku menggunakan perpaduan warna gelap dan terang, serta menggunakan gambar yang sesuai dengan isi buku. Penilaian prototipe buku pengayaan dilakukan oleh dua dosen ahli Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dari hasil penilaian yang telah dilakukan oleh dua dosen ahli, diperoleh nilai rata-rata pada setiap aspek buku pengayaan, di antaranya yaitu (1) aspek materi/isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,13 dengan kategori baik; (2) aspek penyajian materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan kategori baik; (3) aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,5 dengan kategori baik; dan (4) aspek grafika memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,25 dengan kategori baik. Setelah melaksanakan tahap penilaian terhadap buku pengayaan, selanjutnya adalah tahap perbaikan produk. Perbaikan produk dilakukan sesuai dengan saran dan masukan yang diberikan oleh dua dosen ahli yang meliputi (1) pada bagian kulit buku, perbaikan dilakukan pada sampul bagian belakang dengan mengubah deskripsi isi buku ke dalam bentuk poin-poin; (2) pada bagian awal buku, perbaikan dilakukan pada halaman daftar isi dan peta konsep; (3) pada bagian isi buku, perbaikan dilakukan pada materi teks persuasi dengan menambahkan kotak info yang berisi penjelasan umum mengenai pemuatan nilai kearifan lokal. Selain itu, perbaikan juga dilakukan pada contoh analisis struktur dan kebahasaan yang diubah ke dalam bentuk kolom teks; (4) pada bagian akhir buku, perbaikan dilakukan dengan menambahkan halaman indeks pada halaman terakhir buku pengayaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, terdapat saran yang ditujukan kepada berbagai pihak, di antaranya (1) peserta didik dapat menggunakan buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman mengenai materi pembelajaran teks persuasi; (2) pendidik hendaknya menggunakan buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal sebagai buku pendamping yang dapat melengkapi kekurangan materi dalam buku teks pelajaran; dan (3) sekolah hendaknya merekomendasikan buku pengayaan teks persuasi bermuatan nilai kearifan lokal untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, teks persuasi, nilai kearifan lokal
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 14:05
Last Modified: 11 Dec 2019 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item View Item