PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTs


Lailatul Maghfiroh , 2101415027 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTs. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTs]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DRAMA BERMUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI PESERTA DIDIK SMP/MTs) - Published Version
Download (646kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sastra bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menulis karya sastra. Pembelajaran menulis teks drama termasuk pembelajaran sastra. Teks drama merupakan teks yang diajarkan pada pembelajaran kelas VIII SMP/MTs. Pembelajaran menulis teks drama di sekolah sangat penting dalam membantu peserta didik menyampaikan ide, gagasan, dan kreativitas yang dimiliki terhadap kehidupan sekitar yang dekat dengan kehidupannya, dan dapat membantu membuat teks drama dengan sistematis, sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Banyak permasalahan yang terjadi di sekolah terkait pembelajaran menulis teks drama, khususnya bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Bagi peserta didik, daya imajinasi yang rendah dan kurangnya pemahaman materi menulis teks drama karena pendidik hanya mengacu pada satu buku pelajaran tanpa adanya buku pendamping lain yang dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan peserta didik, sehingga dibutuhkan buku pendamping yang mengulas secara mendalam terkait materi menulis teks drama beserta contoh penerapan secara konkret agar pengetahuan dan daya imajinasi peserta didik lebih meningkat. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada peserta didik kelas VIII SMP/MTs, maka dikembangkanlah sumber belajar yaitu buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi untuk meningkatkan pemahaman, menambah pengetahuan dan wawasan peserta didik terhadap materi menulis teks drama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMP/MTs, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi untuk peserta didik SMP/MTs, (3) mendeskripsikan hasil penilaian buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMP/MTs menurut dosen ahli, dan (4) mendeskripsikan hasil perbaikan prototipe buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi bagi peserta didik SMP/MTs berdasarkan penilaian dosen ahli. Penelitian ini menggunakan metode research dan development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Sumber data penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data angket kebutuhan pendidik dan peserta didik, serta angket ix validasi produk oleh dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan dan simpulan data. Setelah melaksanakan penelitian, maka diperoleh data kebutuhan terhadap buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi yang diinginkan oleh pendidik dan peserta didik. Kriteria buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi yang diinginkan pendidik dan peserta didik meliputi empat aspek, yaitu (1) aspek materi atau isi buku mengenai drama disajikan secara lengkap dengan contoh penerapannya, khususnya materi menulis teks drama, serta dilengkapi contoh-contoh teks drama bermuatan nilai-niali toleransi, (2) aspek penyajian terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal yang berisi sampul buku, halaman judul, hak cipta, prakata, daftar isi, daftar gambar, dan petunjuk penggunaan buku. Pada bagian isi berisi tiga bab, bab I tentang mengenal teks drama, bab II tentang menulis teks drama, dan bab III tentang konsep toleransi. Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka, glosarium, indeks, biodata penulis, dan gambaran umum buku, (3) aspek bahasa menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD, namun santai dan komunikatif agar mudah dipahami peserta didik pada tingkat jenjang SMP/MTs, dan (4) aspek grafika buku berbentuk vertikal dengan ukuran B5, sampul buku menggunakan perpaduan warna gelap dan terang, ilustrasi kombinasi antara gambar asli dan kartun, serta nomor halaman yang terletak di tengah bagian bawah buku. Prototipe buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi dinilai oleh dua dosen ahli. Dosen ahli memberikan penilaian pada setiap bagian buku pengayaan menulis teks drama, diperoleh jumlah nilai rata-rata, yaitu (1) bagian awal buku pengayaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 86 dengan kategori sangat baik, (2) bagian isi buku pengayaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 86 dengan kategori sangat baik, dan (3) bagian akhir buku pengayaan memperoleh nilai rata-rata 95 termasuk dalam kategori sangat baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi berdasarkan saran perbaikan dari dosen ahli, yaitu (1) bagian sampul buku, merubah ilustrasi sampul depan dan gambaran isi buku pada sampul belakang, (2) bagian fisik buku, penambahan jumlah halaman karena adanya penambahan materi, dan (3) bagian isi buku yang mencakup tiga bagian. Bagian awal buku, ditambahkan daftar gambar, perubahan halaman hak cipta, dan perubahan petunjuk penggunaan buku. Bagian isi buku, perubahan ilustrasi pada bab 1, menambahkan materi pada tahapan-tahapan menulis, langkah-langkah menulis teks drama, dan muatan nilai toleransi, serta perubahan ilustrasi pada salah satu contoh teks drama. Bagian akhir buku, penambahan indeks. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) buku pengayaan hanya mengacu pada satu materi yang mudah dipahami peserta didik, tidak disajikan pendapat menurut beberapa ahli, (2) buku pengayaan perlu mengintegrasikan nilai karakter, khususnya karakter toleransi agar dapat diteladani peserta didik, dan (3) perlu adanya penelitian lanjutan supaya menguji efektivitas buku pengayaan menulis teks drama bermuatan nilai-nilai toleransi. Penelitian lebih lanjut ini dapat menghasilkan kualitas buku yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis teks drama, nilai-nilai toleransi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:03
Last Modified: 11 Dec 2019 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33756

Actions (login required)

View Item View Item