NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “KOMET” KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Indah Purwati , 2101415024 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “KOMET” KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “KOMET” KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “KOMET” KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA) - Published Version
Download (817kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya perubahan sikap remaja yang tidak lagi mengedepankan tata krama dalam bertindak dan bertutur kata, tidak lagi menghargai pendapat orang lain, dan cenderung berperilaku individual, sehingga memunculkan adanya tindak kekerasan di kalangan remaja. Hal ini menyebabkan pentingnya penanaman pendidikan karakter yang kuat pada diri remaja, karena remaja adalah cerminan karakter bangsa Indonesia. Penanaman pendidikan karakter pada diri remaja dapat diajarkan melalui sastra, salah satunya adalah novel. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Komet” karya Tere Liye dan kriteria kelayakan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Komet” karya Tere Liye sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel “Komet” karya Tere Liye dan kriteria kelayakannya apabila digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan model Miles and Huberman. Fokus penelitian ini adalah pada kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalam novel “Komet” karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) teknik simak dan catat dan 2) teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) novel “Komet” karya Tere Liye mengandung nilai-nilai pendidikan karakter melalui penggambaran watak dan perilaku tokoh dalam cerita. Hal ini dapat dibuktikan bahwa ditemukan sebanyak 359 data nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai religius terdapat 46 data, nilai nasionalisme terdapat 41 data, nilai mandiri terdapat 64 data, nilai gotong royong terdapat 114 data, dan nilai integritas terdapat 94 data dan 2) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Komet” karya Tere Liye memenuhi kriteria kelayakan yang digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA ditinjau dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, beberapa saran yang diberikan adalah bagi 1) sekolah yaitu dapat menyediakan bahan ajar sastra yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter; 2) guru yaitu memberikan pengajaran sastra yang disesuaikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dan tahapan perkembangan peserta didik; 3) peserta didik yaitu semakin banyak mengapresiasi khazanah sastra di Indonesia; dan 4) penulis yaitu penelitian ini dapat digunakan sebagai inspirasi dan referensi terutama penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:04
Last Modified: 11 Dec 2019 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33755

Actions (login required)

View Item View Item