ANALISIS KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT PADA TEKS DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI 2017


Dyah Hanum Sapraningtyas , 2101415021 (2019) ANALISIS KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT PADA TEKS DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT PADA TEKS DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI 2017]
Preview
PDF (ANALISIS KETIDAKEFEKTIFAN KALIMAT PADA TEKS DALAM BUKU PAKET BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI 2017) - Published Version
Download (745kB) | Preview

Abstract

Penggunaan kalimat efektif merupakan kunci keberhasilan komunikasi. Penggunaan kalimat efektif berpengaruh besar pada tercapainya informasi yang baik dalam sebuah komunikasi. Untuk itu, perlu adanya penggunaan kalimat efektif dalam pembelajaran karena berpengaruh pada tercapainya kegiatan belajar serta membantu peserta didik untuk mencapai kesuksesan belajar. Sehubungan dengan hal tersebut, pengedaran buku paket tanpa melihat aspek kelayakan bahasa saat ini sangat pesat. Akibatnya, banyak beredar teks yang susunan kalimatnya tidak efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengungkapkan bentuk ketidakefektifan kalimat ditinjau dari ciri-ciri kalimat efektif dan faktor penyebab ketidakefektifan kalimat pada teks dalam buku paket Bahasa Indonesia SMP kurikulum 2013 revisi 2017. Dengan demikian, fokus penelitian ini adalah (1) analisis bentuk ketidakefektifan kalimat ditinjau dari ciri-ciri kalimat efektif pada teks dalam buku paket bahasa Indonesia SMP kurikulum 2013 revisi 2017; dan (2) faktor penyebab bentuk ketidakefektifan kalimat pada teks dalam buku paket bahasa Indonesia SMP kurikulum 2013 revisi 2017. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan metode teoretis analisis isi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks yang terdapat dalam buku paket bahasa Indonesia kelas VII dan VIII SMP kurikulum 2013 revisi 2017 karya Kemendikbud. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kartu data. Untuk memudahkan dalam proses menganalisis dibuat kartu data dengan dua kategori acuan analisis yaitu kartu data bentuk ketidakefektifan kalimat ditinjau dari ciri-ciri kalimat efektif dan faktor penyebab ketidakefektifan kalimat. Pengujian keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan dari hasil penelitian membuktikan bahwa 122 bentuk kalimat tidak efektif melanggar ciri-ciri kalimat efektif, sedangkan hasil analisis ditinjau dari faktor penyebab ketidakefektifan kalimat ditemukan 12 data kontaminasi, 03 data pleonasme, 10 data ambiguitas, 04 data ketidakjelasan unsur kalimat, 26 data kemubaziran preposisi dan kata, 21 data kesalahan logika, 10 data pengaruh bahasa daerah, dan 11 data pengaruh bahasa asing. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalimat pada teks dalam buku paket bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 belum mengarah pada penyusunan kalimat efektif karena melanggar ciri-ciri kalimat efektif dan ditemukan faktor penyebab ketidakefektifan kalimat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kalimat efektif, Teks, Buku paket, Kurikulum 2013 revisi 2017
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:06
Last Modified: 11 Dec 2019 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33753

Actions (login required)

View Item View Item