KELAYAKAN NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA UNTUK SMA


Rifky Yulistiawan , 2101415018 (2019) KELAYAKAN NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA UNTUK SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KELAYAKAN NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA UNTUK SMA]
Preview
PDF (KELAYAKAN NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA UNTUK SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran apresiasi sastra, khususnya novel, diperlukan bahan ajar yang layak untuk membantu pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun sekarang ini, novel yang digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran tersebut (khususnya di SMA) masih didominasi oleh novel yang berkategori lama dan menengah. Padahal dalam pembelajaran tersebut penggunaan novel baru juga sangat diperlukan, mengingat salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran sastra adalah perkembangan kesastraan. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian ini sebagai upaya penyelesaian masalah tersebut dengan cara menganalisis kelayakan novel Anak Rantau sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA ditinjau dari beberapa aspek kelayakan bahan ajar (sastra) yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan novel Anak Rantau sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA. Kelayakan tersebut ditinjau dari aspek kebahasaan; aspek psikologi pembaca; aspek latar belakang budaya; dan kesesuaian novel tersebut dengan tuntutan kurikulum 2013 Bahasa Indonesia (KD dan pendidikan karakter). Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Datanya berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dialog-dialog, atau kutipan-kutipan dari novel Anak Rantau. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga langkah, yaitu data reduction (mereduksi data/memilih data), data display (menyajikan data), dan conclusion drawing/verification (penarikan simpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ditinjau dari aspek kebahasaan, novel Anak Rantau layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA; (2) ditinjau dari aspek psikologi pembaca, novel Anak Rantau layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA; (3) ditinjau dari aspek latar belakang budaya, novel Anak Rantau layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA; dan (4) ditinjau dari kesesuaiannya dengan tuntutan kurikulum 2013 Bahasa Indonesia (KD dan pendidikan karakter), novel Anak Rantau layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA. Berdasarkan hasil penelitian yang demikian, dapat disimpulkan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi layak dijadikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra untuk SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: novel, bahan ajar, apresiasi sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:07
Last Modified: 11 Dec 2019 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item