ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TATARAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII E DAN KELAS VII F SMP N 35 SEMARANG


Elieza Tri Astuti , 2101415015 (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TATARAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII E DAN KELAS VII F SMP N 35 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TATARAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII E DAN KELAS VII F SMP N 35 SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TATARAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII E DAN KELAS VII F SMP N 35 SEMARANG) - Published Version
Download (866kB) | Preview

Abstract

Kesalahan berbahasa dapat memengaruhi hasil belajar dan tujuan pembelajaran peserta didik sehingga tujuan pembelajaran bahasa tidak tercapai. Penelitian ini mengkaji aspek kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam karangan deskripsi peserta didik kelas VII SMP serta penyebab terjadinya kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam dalam karangan deskripsi peserta didik kelas VII SMP. Sebagai upaya untuk mengurangi kesalahan berbahasa tataran morfologi serta membiasakan peserta didik untuk menggunakan bahasa sesuai kaidah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam karangan deskripsi peserta didik kelas VII SMP dan mendeskripsikan penyebab kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam karangan deskripsi peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Tahapan yang dilakukan dalam analisis data yaitu pemilihan data dengan melakukan penandaan kesalahan berbahasa tataran morfologi, mengelompokkan kesalahan berbahasa tataran morfologi dari berbagai aspeknya, pemberian nomor data pada kartu data, menyajikan analisis data yang telah dikelompokkan ke dalam bentuk deskripsi, membahas hasil analisis data berdasarkan rumusan masalah, dan membuat laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 aspek kesalahan berbahasa pada tataran morfologi, yaitu kesalahan berbahasa pada tataran afiksasi, kesalahan berbahasa pada tataran reduplikasi, dan kesalahan berbahasa pada tataran komposisi. Kesalahan tersebut didominasi oleh kesalahan berbahasa pada tataran afiksasi sebanyak 102 kesalahan dengan jumlah persentase yaitu 79%, kemudian kesalahan berbahasa pada tataran reduplikasi sebanyak 25 kesalahan dengan jumlah persentase yaitu 20%, selanjutnya kesalahan berbahasa pada tataran komposisi sebanyak 8 kesalahan dengan jumlah persentase yaitu 1%. Penyebab kesalahan diperoleh dari hasil analisis data dan wawancara dengan guru dan peserta didik kelas VII SMP 35 Semarang. Penyebab kesalahan terjadi karena terpengaruh penggunaan bahasa ibu, pengajaran bahasa yang kurang tepat, kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakai, kesalahan yang berkelanjutan. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti, yaitu penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan analisis kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam karangan deskripsi, dapat meneliti tentang penerapan media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik, diharapkan dapat mempermudah dalam penguasaan materi sehingga dapat mengurangi kesalahan berbahasa peserta didik. Selain itu, peserta didik harus mulai membiasakan untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah dalam berkomunikasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, tataran morfologi, karangan deskripsi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:08
Last Modified: 11 Dec 2019 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33751

Actions (login required)

View Item View Item