PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER MANDIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP
Audia Atnas, 2101415013 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER MANDIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KARAKTER MANDIRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP)
- Published Version
Download (509kB) | Preview |
Abstract
Pada kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Indonesia diwujudkan melalui pembelajaran berbasis teks dalam bentuk pembelajaran berbagai genre teks. Sejalan dengan Kurikulum 2013 tersebut, pengajaran teks atau cerita harus berujung pada peserta didik menyusun teks secara mandiri. Akan tetapi, proses penyusunan tersebut tidak bisa terjadi dengan serta merta. Peserta didik membutuhkan acuan belajar untuk memproduksi teks tersebut, baik secara isi maupun struktur.Peserta didik juga memerlukan buku pengayaan yang dapat memberdayakan peserta didik untuk belajar sendiri secara mandiri. Karena hal tersebut diperlukanlah buku pengayaan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku dengan mempertimbangkan kebutuhan dan lingkungan peserta didik dalam pembelajaran menyusunteks dengan muatan karakter yang akan ditanamkan. Oleh karena itu diperlukan buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual untuk peserta didik SMP. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) mendeskripsi kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontesktual untuk peserta didik SMP, 2) mengembangkan prototipe buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual untuk peserta didik SMP, dan 3) mendeskripsi penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontesktual untuk peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam enam tahapan: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain prototipe; 4) validasi desain; 5) revisi desain; dan 6)deskripsi dan hasil produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu angket kebutuhan peserta didik dan guru, tabulasi instrumen analisis kebutuhan, dan angket uji validasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, guru, dan dosen ahli. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan hasil analisis data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, analisis kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual menghasilkan karakteristik buku ix pengayaanyang terdiri atas empat aspek: (1) aspek kebutuhan materi/isi, (2) aspek kebutuhan penyajian, (3) aspek kebutuhan bahasa dan keterbcaan, dan (4) aspek kebutuhan grafika. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual untuk peserta didik SMP terdapat empat aspek, yaitu (1) prinsip pengembangan buku pengayaan pada aspek materi/isi disesuaikan dengan prinsip keterkaitan, kesesuaian, dan kebaruan, (2) pada aspek penyajian disesuaikan dengan prinsip keruntutan dan kemenarikan, (3) pada aspek bahasa dan keterbacaan disesuaikan dengan kesesuaian, kekomunikatifan dan kebakukan, dan (4) pada aspek grafika disesuaikan dengan prinsip kemenarikan dan kesesuaian. Prototipe buku pengayaan yang dikembangkan terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) bagian awal yang terdiri atas halaman judul, halaman hak cipta, halaman prakata, halaman petunjuk penggunaan buku, dan halaman daftar isi; (2) bagian isi terdiri atas beberapa bab, bab 1 berjudul Mengenal Teks Eksplanasi, bab 2 berjudul Struktur Teks Eksplanasi, bab 3 berjudul Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi , bab 4 berjudul Contoh-contoh Teks Eksplanasi, bab 5 berjudul Menulis Teks Eksplanasi; (3) bagian akhir terdiri atas glosarium, daftar pustaka, dan biografi penulis.Ketiga, penilaian terhadap prototipe buku pengayaan yang dilakukan oleh ahli dibagi menjadi empat bagian, yaitu bagian materi/isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan , dan grafika. Pada bagian materi/isi memperoleh nilai rata-rata 82,2 dengan kategori baik. Pada bagian penyajian memperoleh nilai rata-rata 82,5 dengan kategori baik. Pada bagian bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 79,2 dengan kategori baik. Pada bagian grafika memperoleh nilai rata-rata 83,75 dengan kategori baik. Adapun saran perbaikan terhadap buku pengayaan, yaitu meliputi (1) materi pengetahuan diperbaiki menjadi materi keterampilan, (2) ilustrasi atau gambar yang gelap diganti, (3) penulisan bab dan penomoran diperbaiki, dan (4) perbaikan contoh dan penajaman karakter. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti, yaitu (1) buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual hendaknya dapat digunakan peserta didik dan guru dalam pembelajaran teks eksplanasi sebagai buku pendamping, (2) buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual hendaknya dapat digunakan oleh guru sebagai upaya penanaman karakter mandiri pada peserta didik, dan (3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks eksplanasi bermuatan karakter mandiri dengan pendekatan kontekstual untuk peserta didik SMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Pengayaan, Menulis Teks Eksplanasi, Karakter Mandiri, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 13:09 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 13:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33750 |
Actions (login required)
View Item |