KELAYAKAN BAHAN AJAR PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISUSUN OLEH PENDIDIK SMA KELAS XI DI KABUPATEN DEMAK


Laelatul Qodriyah , 2101415001 (2019) KELAYAKAN BAHAN AJAR PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISUSUN OLEH PENDIDIK SMA KELAS XI DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KELAYAKAN BAHAN AJAR PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISUSUN OLEH PENDIDIK SMA KELAS XI DI KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (KELAYAKAN BAHAN AJAR PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 YANG DISUSUN OLEH PENDIDIK SMA KELAS XI DI KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (921kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan bahan ajar yang disusun oleh pendidik dan terlampir dalam RPP. Bahan ajar disusun untuk memudahkan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar karena dalam praktiknya pendidik yang lebih memahami kebutuhan peserta didik. Sehingga pendidik berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Namun, dalam menyusun bahan ajar pendidik masih kesulitan menentukan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. Keluasan dan kedalaman materi pembelajaran juga tidak terpenuhi. Selain itu, bahan ajar yang disusun oleh pendidik tidak memperhatikan pedoman dan penyusunan bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan bahan ajar pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMA kelas XI di kabupaten Demak. Dengan demikian, fokus penelitian ini adalah (1) kesesuaian materi pembelajaran pada RPP dengan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi dasar, (2) kesesuaian bahan ajar pada RPP dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar, (3) cakupan dan urutan bahan ajar pada RPP, dan (4) strategi penyampaan materi pembelajaran pada RPP bahasa Indonesia kurikulum 2013 oleh pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yang memungkinkan hasil penelitian yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang terlampir dalam RPP bahasa Indonesia SMA Kelas XI di kabupaten Demak yang mencakup tiga sekolah menengah atas meliputi SMA Negeri 1 Demak, SMA Negeri 1 Karanganyar, dan SMA Islam Miftahul Huda Gajah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penentuan penskoran pada masing-masing aspek kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar pada RPP bahasa Indonesia memperoleh hasil sebagai berikut. (1) Kesesuaian materi pembelajaran pada RPP dengan indikator pencapaian kompetensi terdiri atas dua aspek. Meliputi, a) kesesuaian perumusan indikator pencapaian kompetensi skor 35,075 dengan kategori sangat tidak layak (STL) terdiri dari kesesuaian indikator pencapaian kompetensi dengan SKL, KI, dan KD skor 33,25, kesesuaian penggunaan kata kerja operasional (KKO) dengan kompetensi yang diukur skor 36, dan rumusan indikator dapat dikembangan menjadi indikator soal skor 36, b) kesesuiaan materi dengan indikator dan kompetensi dasar skor 55,5 dengan kategori kurang layak (KL) terdiri dari kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar skor 58,25, dan materi pembelajaran diulas dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi memperoleh skor 52,75. (2) Kesesuaian bahan ajar pada RPP dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar terdiri dari empat aspek. Aspek tersebut meliputi, a) keakuratan materi pembelajaran memperoleh skor 46,25 diperoleh dari keakuratan dalam pemilihan sumber bahan ajar yang relevan memperoleh skor 55,5, keakuratan dalam konsep dan teori sesuai dengan kompetensi dasar skor 41,75, dan keakuratan dalam pemilihan contoh memuat keruntutan konsep memperoleh skor 41,75, (b) keakuratan dengan ilmu pengetahuan, fitur dan rujukan memperoleh skor 47,75, dan (c) kesesuaian materi pembelajaran dengan prinsip-prinsip pemiliha bahan ajar skor 40,75 yang diperoleh dari kesesuaian materi pembelajaran dengan prinsip relevansi skor 44,5, kesesuaian materi pembelajaran dengan prinsip konsisitensi skor 39, dan kesesuaian materi pembelajaran dengan prinsip kecukupan skor 39. (3) Cakupan dan urutan penyampaian materi pembelajaran memperoleh skor 45,25 dengan kategori sangat tidak layak (STL) yang diperoleh dari cakupan materi pembelajaran meliputi dua aspek, dan urutan penyampaian materi pembelajaran terdiri dari dua aspek. (a) Cakupan materi pembelajaran memperoleh skor 36,25 dengan kategori sangat tidak layak (STL) diperoleh dari kelengkapan materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar skor 41,75, dan ketepatan penentuan jenis-jenis materi pembelajaran skor 30,5. (b) Urutan penyampaian materi pembelajaran memperoleh skor 62,5 dengan kategori kurang layak (KL) yang diperoleh dari urutan pendekatan prosedural skor 72,25, dan urutan pendekatan hierarkis memperoleh skor 52,75. (4) Keluasan dan kedalaman materi pembelajaran memperoleh skor keseluruhan 40,25 dengan kategori sangat tidak layak (STL). Skor tersebut diperoleh dari, a) keluasan materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti memperoleh skor 41,75 dengan kategori sangat tidak layak (STL), dan b) kedalaman materi pembelajaran memperoleh skor 39 dengan kategori sangat tidak layak (STL). Materi yang disajikan dalam bahan ajar tidak mendalam dan tidak meluas. Bahan ajar hanya memuat materi yang secara singkat disusun oleh pendidik dan tidak memperhatikan tingkat keluasan maupun kedalamannya. Saran yang ingin disampaikan oleh peneliti, yaitu penelitian selanjutnya terkait bahan ajar pada RPP, dapat menggunakan teori yang berbeda, dan menggunakan data yang lebih banyak sehingga hasilnya lebih valid, dan diharapkan dengan adanya penelitian ini para pendidik dapat menyusun bahan ajar lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan kognitif peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelayakan, bahan ajar, RPP, kurikulum 2013
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:10
Last Modified: 11 Dec 2019 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33748

Actions (login required)

View Item View Item