PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN TEKNIK LATIHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII


Agung Fitri Adinata , 2101414117 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN TEKNIK LATIHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN TEKNIK LATIHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN TEKNIK LATIHAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (899kB) | Preview

Abstract

Kekurangan media pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa dan guru menjadi pendorong bagi peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran bagi dunia pendidikan. Salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan pendamping bagi guru maupun siswa adalah media pembelajaran menulis teks berita. Melalui media pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat menguasi kompetensi menulis teks berita dan mendapatkan lebih banyak materi serta latihan keterampilan menulis teks berita. Media pembelajaran menulis teks berita ini berbasis aplikasi Adobe Animate. Permasalahn penelitian yang dirumuskan, yaitu (1) bagaimana kebutuhan media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate menurut siswa dan guru, (2) bagaimana prototipe media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate bagi siswa SMP kelas VIII, (3) bagaimana penilaian ahli mengenai media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate bagi siswa SMP kelas VIII, dan (4) bagaimana perbaikan prototipe media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate bagi siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan untuk memperoleh data kebutuhan media pembelajaran menulis teks berita. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) media pembelajaran menulis teks berita dibutuhkan siswa dan guru dalam memenuhi kebutuhan materi, (2) prinsip-prinsip prototipe media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate terdiri atas dimensi materi/isi, dimensi penyajian materi, dimensi bahasa dan keterbacaan, dan dimensi grafika, (3) media pembelajaran menulis teks berita memperoleh nilai sebesar 74, dan (4) perbaikan yang dilakukan untuk media pembelajaran meliputi: materi, isi, tampilan, dan pemrograman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan (1) guru bahasa Indonesia dapat berinovasi dalam pemanfaatan media pembelajaran menulis teks berita. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate dapat menjadi alternatif bagi guru supaya siswa dapat tertarik pada pembelajaran menulis teks berita dan (2) perlu adanya penelitian lebih lanjut yang dilakukan peneliti lain supaya menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran menulis teks berita berbasis Adobe Animate. Penelitian lebih lanjut ini dapat menghasilkan kualitas produk yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, menulis teks berita, Adobe Animate
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Dec 2019 18:50
Last Modified: 10 Dec 2019 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33746

Actions (login required)

View Item View Item