PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN KEBUDAYAAN DAERAH KUDUS UNTUK KELAS VII SMP


Nova Bella Elfrida R.E , 2101414032 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN KEBUDAYAAN DAERAH KUDUS UNTUK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN KEBUDAYAAN DAERAH KUDUS UNTUK KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN KEBUDAYAAN DAERAH KUDUS UNTUK KELAS VII SMP) - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Teks deskripsi merupakan salah satu teks yang dipelajari dalam kurikulum revisi. Perubahan kurikulum dari yang sebelumnya dengan memunculkan teks baru menimbulkan problematika salah satunya belum diiringi kesiapan buku penunjang (Pertiwi, dkk 2016:63). Begitu pula halnya dengan teks deskripsi, belum banyak buku penunjang yang digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi di kelas VII SMP. Pembelajaran teks deskripsi bagi siswa kelas VII SMP membutuhkan buku pengayaan teks deskripsi yang dapat memotivasi siswa dan memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Namun, buku yang tersedia belum memenuhi kebutuhan siswa kelas VII SMP, sehingga diperlukan pengembangan buku pengayaan menulis teks deskripsi yang bermuatan kebudayaan daerah Kudus untuk menambah wawasan pembaca khususnya siswa kelas VII SMP mengenai kebudayaan daerah Kudus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana kebutuhan buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus untuk kelas VII SMP, (2) bagaimana prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus untuk kelas VII SMP, (3) bagaimana prototipe buku pengayaan menulis teks deskripsi yang sesuai kebutuhan pembaca untuk kelas VII SMP, (4) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus untuk kelas VII SMP, dan (5) bagaimana perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus untuk kelas VII SMP. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus dengan materi pengertian, struktur, ciri-ciri, ciri kebahasaan, dan langkah-langkah menulis teks deskripsi, serta disajikan contoh vii teks deskripsi dengan penyajian materi secara induktif, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baku, grafika buku pengayaan yang menarik, serta konten muatan kebudayaan daerah disampaikan dengan jelas, (2) prototipe buku pengayaan disusun berdasarkan kebutuhan responden. Bagian-bagian protoipe buku pengayaan meliputi bagian awal, inti, dan penutup, (3) penilaian prototipe buku pengayaan dilakukan oleh guru dan dosen ahli, yaitu aspek materi mendapat nilai rata-rata 87,48 dengan kategori sangat baik; aspek penyajian materi mendapatkan nilai rata-rata 85,38 dengan kategori sangat baik; aspek bahasa dan keterbacaan mendapat nilai rata-rata 87,5 dengan kategori sangat baik; aspek grafika mendapatkan nilai rata-rata 85,93; dan aspek kebudayaan daerah Kudus mendapat nilai rata-rata 85,38 dengan kategori sangat baik, dan (4) perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks deskripsi meliputi penambahan materi pada bab 1 mengenai contoh-contoh kaidah kebahasaan pada aspek konjungsi, lebih diperjelas objek pemanfaatan buku pengayaan menulis teks deskripsi bermuatan kebudayaan daerah Kudus, penambahan materi pada bab 2 yaitu lebih diperbanyak penjelasan cara menulis teks deskripsi, perlu diatur kembali gambar atau ilustrasi yang paling menarik dan menggambarkan isi buku, pada judul diletakkan/dicetak beda, dan sampul buku perlu diberikan gambar yang mewakili buku pengayaan menulis teks deskripsi. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti yaitu guru hendaknya dapat menggunakan buku pengayaan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks deskripsi di kelas, siswa dapat menggunakan buku pengayaan sebagai buku pendamping untuk memperkaya keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi, serta peneliti bidang bahasa Indonesia perlu mengadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis teks deskripsi, dan kebudayaan daerah Kudus.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Dec 2019 19:00
Last Modified: 10 Dec 2019 19:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33743

Actions (login required)

View Item View Item