PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KEBINEKAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP


Ratna Yustina Firdaus, 2101414029 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KEBINEKAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KEBINEKAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS FABEL BERMUATAN NILAI KEBINEKAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP) - Published Version
Download (435kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan dasar, yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. salah satu keterampilan yang harus diajarkan adalah menulis atau memproduksi teks fabel berdasarkan kompetensi yang ada di dalam kurikulum. Namun kenyataannya di dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII belum memuat materi memproduksi teks fabel. Keterampilan memerankan isi teks fabel yang terdapat pada KD 4.16 kelas VII SMP diajarkan bersamaan dengan KD 3.16 yakni menelaah struktur dan kebahasaan teks fabel. Pada kenyataannya, peserta didik merasa bosan terhadap pembelajaran menulis atau memproduksi. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias peserta didik yang masih rendah ketika kegiatan pembelajaan menulis berlangsung. Materi menulis atau memproduksi teks fabel di dalam buku teks yang digunakan oleh guru dan peserta didik bisa dikatakan belum tersedia dengan lengkap. Buku teks Bahasa Indonesia kelas VII yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya memuat materi kebahasaan yang digunakan dalam teks fabel. Langkah-langkah memproduksi teks fabel belum dijelaskan secara rinci di dalam buku tersebut. Keterampilan memproduksi teks fabel tersebut harus diajarkan menggunakan buku pengayaan yang sesuai untuk peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai kebinekaan, (2) Mendeskripsikan prototipe (desain produk awal) buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai kebinekaan yang sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik, dan (3) Mendeskripsikan validasi desain oleh dosen ahli terhadap prototipe buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai kebinekaan. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk tertentu. Data dalam penelitian ini yaitu data analisis kebutuhan prototipe buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai kebinekaan dan data validasi buku pengayaan yang akan menilai buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari SMP Negeri 13 Semarang, SMP Mataram Semarang, dan SMP Negeri 21 Semarang. Bentuk instumen yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dan guru menginginkan buku pengayaan memproduksi teks fabel bermuatan nilai kebinekaan. Buku yang akan iii dibuat diharapkan menarik, mudah dipahami oleh peserta didik, serta menuat nilainilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saran yang direkomendasikan meliputi (1) para guru dan orang tua hendaknya memilih buku-buku yang memiliki muatan nilai-nilai seperti nilai kebinekaan sebagai bahan bacaan peserta didik/anak untuk menanamkan rasa toleransi atas perbedaan yang ada pada peserta didik/anak sejak dini dan (2) buku pengayaan dapat digunakan lebih optimal oleh peserta didik dan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan buku pengayaan, memproduksi teks fabel, nilai kebinekaan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:47
Last Modified: 09 Dec 2019 14:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33728

Actions (login required)

View Item View Item