NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANSHEN KARYA RISA SARASWATI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA BAGI SISWA SMA


Rahma Ayu Pratiwi , 2101414028 (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANSHEN KARYA RISA SARASWATI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA BAGI SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANSHEN KARYA RISA SARASWATI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA BAGI SISWA SMA]
Preview
PDF (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL JANSHEN KARYA RISA SARASWATI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA BAGI SISWA SMA) - Published Version
Download (625kB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan suatu hal yang melekat pada setiap individu dan termanifestasi dari pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan dan perkembangannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan, mengembangkan pendidikan karakter salah satunya melalui proses pembelajaran. Dengan demikian, pemilihan bahan ajar yang tepat dan berkualitas dalam pembelajaran sangat penting termasuk dalam pembelajaran sastra. Novel sebagai salah satu bentuk dari karya sastra dapat dijadikan bahan ajar sastra. Berkait dengan pemilihan novel sebagai bahan ajar, perlu dilakukan analisis guna mengetahui kesesuaian novel dengan tujuan pembelajaran dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian adalah (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Janshen karya Risa Saraswati, (2) kelayakan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Janshen karya Risa Saraswati sebagai bahan ajar sastra bagi siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Janshen karya Risa Saraswati dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra bagi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan, yakni novel Janshen karya Risa Saraswati, cetakan kedua yang diterbitkan oleh Penerbit PT. Bukune Kreatif Cipta pada Januari tahun 2018, sedangkan sumber data berupa informan adalah dua gurubahasa Indonesia. Penganalisisan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Janshen karya Risa Saraswati mengacu pada lima nilai utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, sedangkan kelayakan nilai pendidikan karakter dalam novel Janshen sebagai bahan ajar dianalisis berdasarkan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya dan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Novel Janshen karya Risa Saraswati mengandungempat nilai utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai tersebut, yaitu: 1) nilai religius sebanyak 10 data, yang digambarkan melalui beberapa subnilai, yaitu cinta damai, percaya diri, melindungi yang kecil dan tersisih, dan persahabatan; 2) nilai mandiri sebanyak 6 data, yang digambarkan melalui beberapa subnilai, yaitu karakter pembelajar sepanjang hayat, etos kerja (kerja keras), keberanian, serta tangguh dan ix daya juang tinggi; 3) nilai gotong royong sebanyak 12 data, yang digambarkan melalui beberapa subnilai, yaitu karakter tolong menolong, komitmen atas keputusan bersama dan musyawarah mufakat, empati, dan solidaritas; 4) nilai integritas sebanyak 10 data, yang digambarkan melalui beberapa subnilai, yaitu karakter kejujuran, cinta pada kebenaran, tanggung jawab, dan keteladanan. Berdasarkan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya, serta wawancara terhadap narasumber, nilai pendidikan karakter dalam novel Janshen karya Risa Saraswati dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra sesuai dengan KD 3.11 (menganalisis pesan dari buku fiksi yang dibaca) kurikulum 2013 kelas XI SMA. Melalui penelitian ini guru dapat menjadikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Janshen karya Risa Saraswati sebagai bahan ajar sastra untuk kelas XI SMA sesuai dengan kompetensi dasar 3.11 (menganalisis pesan dari buku fiksi yang dibaca) pada kurikulum 2013. Para pembaca, khususnya siswa agar dapat membaca dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Janshen karya Risa Saraswati. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian baru maupun lanjutan terhadap novel Janshen karya Risa Saraswati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, bahan ajar sastra, novel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:48
Last Modified: 09 Dec 2019 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33727

Actions (login required)

View Item View Item