PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI MENGGUNAKAN METODE MULTILITERASI MENULIS IMAJINATIF DENGAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 38 SEMARANG


Wawan Juliyanto, 2101413129 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI MENGGUNAKAN METODE MULTILITERASI MENULIS IMAJINATIF DENGAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 38 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI MENGGUNAKAN METODE MULTILITERASI MENULIS IMAJINATIF DENGAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 38 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI MENGGUNAKAN METODE MULTILITERASI MENULIS IMAJINATIF DENGAN MEDIA FILM ANIMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 38 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan sebagai sarana komunikasi tulis. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien mengingat menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini, guru sebagai fasilitator berperan penting memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis. Metode yang tepat dalam pembelajaran menulis teks cerita imajinasi adalah menggunakan metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi. Permasalahan yang timbul pada penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks cerita imajinasi dan perubahan perilaku peserta didik dalam menggunakan metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi pada kelas VII B SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita imajinasi peserta didik kelas VII B SMP Negeri 38 Semarang tahun 2018/2019 sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes. Tes berupa menulis teks cerita imajinasi, sedangkan nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti meliputi (1) hasil pengamatan proses pembelajaran menulis teks cerita imajinasi menggunakan metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi pada siklus I masih terdapat beberapa kendala yaitu kurangnya fokus peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurangnya kepercayaan diri dari peserta didik, kemudian pada siklus II peneliti berhasil memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus I sehingga pada siklus II bisa berjalan dengan lancer, (2) keterampilan menulis teks cerita imajinasi melalui metode multiliterasi menulis imajinatif dengan mdia film animasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 70,81 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 80,21, hal ini menunjukkan perubahan peningkatan dari siklus I k siklus II shingga penelitian ini bisa dikatakan berhasil (3) pada perubahan perilaku peserta didik kelas VII B SMP Negeri 38 Semarang mengalami peningkatan lebih baik setelah mendapatkan pembelajaran viii keterampilan menulis teks cerita imajinasi melalui metode multiliterasi menulis imajinatif dengan media film animasi. Saran yang peneliti sampaikan adalah sebagai guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran menulis teks cerita imajinasi dengan tujuan agar peserta didik lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode multilitrasi menulis imajinatif dengan media film animasi dapat menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks cerita imajinasi. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya berkait dengan penelitian keterampilan menulis teks cerita imajinasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks cerita imajinasi, metode multiliterasi menulis imajinatif, media film animasi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:49
Last Modified: 09 Dec 2019 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33726

Actions (login required)

View Item View Item