ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Deni Cahyo Aji, 2101413123 (2019) ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA]
Preview
PDF (ANALISIS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA) - Published Version
Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memilih novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi karena menarik untuk dikaji. Novel ini mengambil latar budaya Padang, Sumatera Barat. Selain unsur budaya, Anak rantau menceritakan mengenai kehidupan keluarga, lingkungan, dan persahabatan yang dilengkapi dengan nilai agama, serta menghadirkan berbagai macam konflik dengan penyelesaian yang menarik dan kaya akan nilai moral yang patut diteladani. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kepribadian tokoh utama novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi dikaji dengan teori kepribadian humanistik; dan 2) mendeskripsikan kelayakan novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi kepribadian humanistik Abraham Maslow. Dalam praktiknya pendekatan psikologi ini mengkaji mengenai kepribadian tokoh utama dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam kehidupannya serta kelayakan novel tersebut sebagai bahan ajar. Data atau informasi yang dikumpulkan dan dikaji dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Data kualitatif yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kata, kalimat, paragraf dan kutipan dialog yang mencerminkan kepribadian tokoh utama novel Anak Rantau dan aspek lain yang mendukung kesesuaian novel tersebut sebagai bahan ajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Anak Ranatu karya Ahmad Fuadi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan vii adalah teknik dokumentasi. Dengan menggunakan teknik ini, penulis mencari data yang terdapat dalam novel Anak Rantau. Apabila telah menemukan data yang dibutuhkan, penulis akan mencatat data tersebut pada kartu data yang telah dipersiapkan sebelumnya. Adapun hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan dengan menggunakan teknik analisis mengalir. Terdapat tiga komponen dalam teknik analisis mengalir, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa 1) kepribadian tokoh Hepi dipengaruhi oleh dorongan dari dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dapat diorganisasikan dalam sebuah hierarki kebutuhan, dalam rangka mencapai hierarki kebutuhan, kepribadian Hepi dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu metapologis dan metaneeds, tetapi tipe metaneeds lebih mendominasi; dan 2) Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadilayak untuk dijadikan bahan ajar sastra, ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Saran yang dapat diberikan penulis kepada guru Bahasa Indonesia di SMA yaitu sebelum menggunakan novel dalam pembelajaran sastra, hendaknya guru mengkaji novel untuk menentukan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra. Gurudapat menggunakan novel Anak Rantaukarya Ahmad Fuadi karena ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya, novel tersebut memenuhi prinsip kelayakan bahan ajar sastra.Selain kepada guru, penulis juga menyarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan minat mereka dalam mengapresiasi karya sastra. Ketika mengapresiasi novel, peserta didik hendaknya tidak sekadar membaca novel, tetapi mampu memahami nilai-nilai yang terkandung dalam novel yang dibaca dan menerapkan nilai-nilai tersebut pada kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; novel; psikologi kepribadian humanistik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:50
Last Modified: 09 Dec 2019 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33725

Actions (login required)

View Item View Item