KEEFEKTIFAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA SMP KELAS VII


Suci Triyan Anggraeni, 2101413111 (2019) KEEFEKTIFAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA SMP KELAS VII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE SUGESTI IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA SMP KELAS VII) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia, menulis teks cerita fantasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik pada kelas VII. Peserta didik diharapkan mampu menulis sebuah teks cerita fantasi sesuai dengan unsur, struktur, hal-hal imajinasi, kreatif, dan kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks cerita fantasi. Oleh karena itu, pembelajaran menulis teks cerita fantasi memerlukan metode pembelajaran yang efektif sehingga dapat memotivasi peserta didik dan mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam menulis dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan metode Picture and Picture untuk siswa kelas VII SMP Negeri 36 Semarang, (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan metode Sugesti Imajinasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 36 Semarang, (3) Mendeskripsikan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan metode Picture and Picture dan metode Sugesti Imajisi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) yaitu desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sampling purposive. Sampel penelitian yaitu pembelajaran menulis teks cerita fantasi yang diterapkan pada kelas eksperimen 1 yaitu kelas VII A dengan perlakuan menggunakan metode picture and picture dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan menggunakan metode sugesti imajinasi dengan jumlah peserta responden masing-masing kelas 31 peserta didik. Sebelum diberi perlakuan, dilakukan pretest pada kedua kelas eksperimen tersebut untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Kemudian diberi perlakuan dan diberikan posttest pada akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian (1) pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII efektif dilakukan menggunakan metode picture and pictiure, (2) pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII efektif dilakukan menggunakan metode sugesti imajinasi, (3) pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP lebih efektif menggunaka metode picture and picture dibanding dengan metode sugesti imajinasi. Hasil nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 1 menggunakan metode picture and picture adalah 87.09, sedangkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 2 menggunakan metode sugesti imajinasi adalah 79.19. vii Selisih nilai rata-rata pretest dan posttes pada kelompok eksperimen 1 menggunakan metode picture and picture adalah 13.22, sedangkan selisih nilai rata-rata pretest dan pottest metode sugesti imajinasi adalah 5.16. Dengan demikian metode picture and picture lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi dibandingkan dengan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) hendaknya guru menerapkan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan metode picture and picture, karena metode tersebut dapat menjadikan peserta didik memunculkan ide dalam mengembangkan cerita fantasi secara lebih kreatif, serta menjadikan peserta didik mampu untuk bekerja dalam kelompok maupun individu dengan sikap percaya diri serta bertanggungjawab. (2) hendaknya guru menerapkan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi dalam kelas yang peserta didiknya aktif, karena metode ini membutuhkan tingkat kekreatifan yang lebih untuk memunculkan alur cerita, selain itu metode ini juga dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam diri peserta didik. (3) peneliti lain hendaknya menerapkan metode pembelajaran yang lain agar lebih bervariasi, kreatif, dan inovatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, teks cerita fantasi, metoe picture and picture, dan metode sugesti imajinasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:52
Last Modified: 09 Dec 2019 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33724

Actions (login required)

View Item View Item