KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL UBUR-UBUR LEMBUR KARYA RADITYA DIKA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Mega Pratiwi, 2101412175 (2019) KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL UBUR-UBUR LEMBUR KARYA RADITYA DIKA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL UBUR-UBUR LEMBUR KARYA RADITYA DIKA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA]
Preview
PDF (KEPRIBADIAN HUMANISTIK TOKOH UTAMA NOVEL UBUR-UBUR LEMBUR KARYA RADITYA DIKA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu karya sastra yang dapat dianalisis menggunakan psikologi sastra adalah novel. Novel senantiasa menunjukkan berbagai masalah kehidupan manusia yang dikisahkan secara panjang dan lebar serta mendalam. Kepribadian suatu tokoh dalam novel dapat mempengaruhi peserta didik untuk mengendalikan berbagai emosi yang berkaitan dengan sosial dan kepribadian mereka. Maka, sebelum digunakan sebagai bahan ajar sastra, perlu dilakukan pengkajian kepribadian tokoh dalam novel. Teori yang dapat digunakan untuk mengkaji kepribadian tokoh dalam novel ialah teori psikologi humanistik. Kepribadian tokoh dalam novel juga perlu dikaitkan dalam penentuan kelayakan novel sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Ubur-ubur Lembur karya Raditya Dika dikaji dengan teori kepribadian humanistik; dan 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan novel Ubur-ubur Lembur karya Raditya Dika sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu novel Ubur-ubur Lembur karya Raditya Dika yang diterbitkan oleh Gagas Media pada 17 Februari 2018. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa 1) kepribadian tokoh utama novel Ubur-ubur Lembur, yaitu Raditya Dika dipengaruhi oleh dorongan dari dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya yang dapat dikelompokkan dalam sebuah hierarki kebutuhan. Untuk memenuhi hierarki kebutuhan, kepribadian Raditya Dika dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu metapologis dan metaneeds. Dalam kepribadian Raditya Dika, tipe metaneeds lebih mendominasi; dan 2) Novel Ubur-ubur Lembur layak untuk dijadikan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas, ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Saran penulis kepada guru Bahasa Indonesia di SMA yaitu hendaknya guru melakukan pengkajian terhadap novel untuk menentukan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra. Ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya, novel Ubur-ubur Lembur sudah memenuhi prinsip kelayakan bahan ajar sastra. Cerita yang disampaikan pun dapat memberi motivasi bagi peserta didik. Saran bagi peserta didik, yaitu meningkatkan minat dalam mengapresiasi karya sastra. Ketika mengapresiasi novel, hendaknya tidak sekadar membaca novel, tetapi mampu menggali nilai-nilai yang terkandung dalam novel yang dibaca sebagai pedoman agar dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: psikologi humanistik, tokoh utama novel, bahan ajar sastra.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:54
Last Modified: 09 Dec 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33722

Actions (login required)

View Item View Item