PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL SINEKTIK MELALUI MEDIA FOTO BERLATAR SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SEMARANG
Fitria Ulyati Fitria Ulyati, 2101412153 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL SINEKTIK MELALUI MEDIA FOTO BERLATAR SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL SINEKTIK MELALUI MEDIA FOTO BERLATAR SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SEMARANG)
- Published Version
Download (558kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan siswa dalam menulis puisi pada kelas VIII-B SMP Negeri 12 Semarang masih rendah. Peneliti menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi, khususnya siswa kelas VIII-B SMP Negeri 12 Semarang. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana proses pembelajaran menyusun teks puisi menggunakan model sinektik dengan media foto berlatar sosial? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks puisi menggunakan model sinektik dengan media foto berlatar sosial? (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks puisi menggunakan model sinektik dengan media foto berlatar sosial? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model sinektik melalui media foto berlatar sosial. Variabel penelitian ini, yaitu variabel keterampilan menulis puisi dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan model sinektik melalui media foto berlatar sosial. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis puisi, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II pada semua aspek. Terjadi peningkatan hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I ke siklus II sebesar 21,87%. Keterampilan siswa dalam menulis puisi peningkatan pada siklus I, ketercapaian KKM sebesar 74,75 dengan persentase ketuntasan 53,12%. Pada siklus II, ketercapaian KKM meningkat menjadi 78,40 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan model sinektik melalui media foto berlatar sosial dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan model sinektik melalui media foto berlatar sosial dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau penelitian lain,sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan model dan media dalam pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis puisi, model sinektik, media foto berlatar sosial, perilaku siswa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 14:55 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 14:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33721 |
Actions (login required)
View Item |