PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI OTKP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS


Tirza Andina Theoriska, 2101412140 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI OTKP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI OTKP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERMUATAN NILAI SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI OTKP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS) - Published Version
Download (727kB)

Abstract

Salah satu pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada jenjang SMK yang harus dikuasai peserta didik adalah keterampilan memproduksi teks eksplanasi. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Nur Mutmainatun pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI keterampilan memproduksi teks eksplanasi peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus masih rendah, dari 33 peserta didik terdapat 22 peserta didik yang memperoleh di bawah KKM dan 6 peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM. Hal ini disebabkan oleh tiga hal yaitu yang pertama peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran memproduksi teks eksplanasi karena pada proses pembelajaran masih menggunakan proses pembelajaran konvensional tanpa adanya modifikasi model atau teknik belajar. Kedua peserta didik kesulitan dalam pengembangan topik. Ketiga.peserta didik kesulitan dalam kelengkapan struktur dan ejaan. Rumusan masalah penelitan ini yaitu, 1) bagaimana proses pembelajaran memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial dengan menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus, 2) bagaimana peningkatan kemampuan memproduksi peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus setelah mengikuti proses pembelajaran memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial dengan menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan, 3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dalam mengikuti proses pembelajaran memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial dengan menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model investigasi kelompok, teknik kerangka tulisan, dan bermuatan nilai sosial dengan menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan sebagai upaya peningkataan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial, variabel penggunaan model investigasi kelompok, dan penggunaan kerangka tulisan. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Teknik pengambilan data vii menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pemebalajaran memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial menggunakan model Investigasi Kelompok dengna teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus mengalami perubahan yang baik. Pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Suasana kelas pada saat pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berjalan lebih kondusif, baik, dan lancar. Sudah banyak peserta didik yang antusias memperhatikan dan memberi respon, menunjukkan sikap aktif, berpartisipasi dalam diskusi, dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mempresentasikan hasil pekerjaan memproduksi teks eksplanasi. Nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 75,48 termasuk dalam kategori baik. Namun pada hasil individu hanya 18 peserta didik yang mencapai KKM dari 33 peserta didik. Kemudian dilaksanakan siklus II dengan rata-rata nilai 85,03 masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,55. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran memproduksi teks eksplanasi bermuatan nilai sosial menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas XI OTKP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus berhasil. Peningkatan nilai peserta didik dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi diikuti dengan perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik. Siswa menjadi lebih tertarik, lebih aktif, dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksplanasi bermauatan nilai sosial menggunakan model Investigasi Kelompok dengan teknik kerangka tulisan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar model Investigasi Kelompok dan teknik kerangka tulisan dengan teks eksplanasi bermuatan nilai sosial dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan materi memproduksi teks eskplanasi, maupun materi-materi lain yang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: memproduksi teks eksplanasi, model investigasi kelompok, teknik kerangka tulisan, muatan nilai sosial.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:56
Last Modified: 09 Dec 2019 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33720

Actions (login required)

View Item View Item