PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Inten Aprilia Tri Kusumawati , 2101412129 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK NU ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (812kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis tekseksposisipesertadidikkelas X TKJ di SMK NU Roudlotul Furqon masih rendah. Hal ini disebabkan oleh tiga hal, yaitu pertama peserta didik kurang bersemamgat dalam mengikuti proses pembelajaran teks eksposisi. Kedua peserta didik kesulitan dalam menemukan topikdanargumentasi yang akan ditulis dalam eksposisi. Ketiga, peserta didik juga kesulitan dalam menuangkan argumentasi menjadi teks eksposisi. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimana proses pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model investigasi kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Roudlotul Furqon, 2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi dalam pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model investigasi kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Roudlotul Furqon, dan 3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model investigasi kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Roudlotul Furqon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Investigasi Kelompok sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis tekseksposisi di SMK NU Roudlotul FurqonUngaran. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks eksposisi dan penggunaan model investigasi kelompok. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model Investigasi Kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Roudlotul Furqon mengalami perubahan yang baik. Pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Suasana kelas pada saat pembelajaran menulis teks eksposisi berjalan lebih kondusif, baik, dan lancar. Sudah banyak peserta didik yang antusias memperhatikan dan memberi respon, menunjukkan sikap aktif, berpartisipasi dalam diskusi, dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mempresentasikan hasil pekerjaan menulis teks eksposisi Nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 80.06 masuk dalam kategori baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84,65 dan masuk dalam ketegori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4.59. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model Investigasi Kelompok pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Roudlotul Furqon dapat dikatakan berhasil. Peningkatan nilai peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi diikuti dengan perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. Peserta didik menjadi lebih tertarik, lebih aktif, dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis eksposisi menggunakan model Investigasi Kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar model Investigasi Kelompok dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan materi menulis teks eksposisi, maupun materi-materi lain yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis teks eksposisi, model Investigasi Kelompok
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:21
Last Modified: 06 Dec 2019 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33718

Actions (login required)

View Item View Item