PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG


Oktaviana Nur „Izati , 2101412060 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG) - Published Version
Download (668kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMP Islam Al Madina Semarang, pembelajaran menelaah teks eksposisi masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran masih kurang, peserta didik belum bisa berkontrasi dengan baik dan cenderung mudah merasa bosan pada saat pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukannya solusi berupa model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan sebagai tambahan variasi pembelajaran untuk guru dalam mengajar. Model pembelajaran yang dipilih yaitu model pembelajaran pair check, serta media lembar kerja untuk menunjang pembelajaran menelaah teks eksposisi. Rumusan masalah penelitian ini mengenai bagaimana proses pembelajaran, perubahan sikap spiritual, perubahan sikap sosial, dan bagaimana peningkatan Kemampuan menelaah teks eksposisi dengan menggunakan model Pair Check berbantuan lembar kerja pada siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini, yaitu menelaah teks eksposisi pada peserta didik kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Semarang. Penelitian ini menggunakan variabel Kemampuan menelaah teks eksposisi, model pembelajaran pair check, dan lembar kerja. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Semarang dengan jumlah peserta didik 30. Pengumpulan data menggunaan teknik tes dan nontes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembelajaran menelaah teks eksposisi dengan menggunakan model Pair Check berbantuan lembar kerja pada siswa kelas VIIIC SMP Islam Al Madina Semarang dari siklus I ke siklus II semakin baik. Dibuktikan dengan rata-rata aspek pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 79% menjadi 88%. Terjadi peningkatan sebesar 9%. Sikap sosial peserta didik juga mengalami peningkatan ke arah yang belih baik. Dibuktikan dengan rata-rata aspek pengamatan sikap sosial dari siklus I ke siklus II sebesar 79% menjadi 89,7%. Terjadi peningkatan sebesar 10,7%. Kemampuan peserta didik dalam menelaah teks eksposisi menggunakan model pembelajaran pair check dan media lembar kerja mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil tes mencapai 77,4 menjadi 80,5. Data tersebut ix menunjukan peningkatan ketuntasan hasil tes Kemampuan menelaah teks eksposisi sebesar dari siklus I ke siklus II. Saran untuk guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran menelaah teks eksposisi, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran pair check berbantuan lembar kerja yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah teks eksposisi secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menelaah, Teks Eksposisi, Model Pembelajaran Pair Check, Lembar Kerja
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:25
Last Modified: 06 Dec 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item View Item