KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA POSTER DAN FOTO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Inna Ulyani, 2101412027 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA POSTER DAN FOTO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA POSTER DAN FOTO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA POSTER DAN FOTO BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP) - Published Version
Download (651kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat komponen tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan atau karangan yang memiliki nilai keindahan bagi para pembacanya. Menulis adalah kegiatan menumpahkan atau mengekspresikan gagasan dengan menggunakan media tulis, yang dimaksud dengan media tulis adalah penggunaan bahasa tulis. Menulis merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Keterampilan menulis mencakup berbagai jenis teks, salah satunya yakni teks puisi. Penelitian ini berusaha membuktikan pengujian keefektifan dua media yang digunakan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Media tersebut ialah poster dan foto berita. Diharapkan setelah penerapan dua media tersebut, akan terjadi perubahan yang lebih baik dalam proses pembelajaran menulis teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP, agar tidak terjadi pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, penelitian ini berjudul “Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Kontekstual Melalui Media Foto Berita dan Poster.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual melalui media poster pada peserta didik kelas VIII SMP? (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual melalui media foto berita pada peserta didik kelas VIII SMP? (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual melalui media poster dan foto berita pada peserta didik kelas VIII SMP? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Kudus, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Integral Luqman Al Hakim dan kelas VIII SMP IT Rohmatul Ummah. Kelas VIII SMP Islam Integral Luqman Al Hakim sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan media poster menggunakan pendekatan kontekstual, sedangkan kelas VIII SMP IT Rohmatul Ummah sebagai vii kelompok kontrol diberi perlakuan dengan media foto berita menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebasnya adalah penggunaan pendekatan kontekstual dengan media poster dan media foto berita. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Setelah melakukan analisis data untuk mengetahui media mana yang lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan pendekatan kontekstual, maka diketahui bahwa media poster lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dibandingkan media foto berita. Hasil uji hipotesis berdasarkan tabel 4.4 dapat diketahui bahwa t -12,250 dengan nilai signifikansi 0,000 oleh karena nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen media poster adalah 86,42, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol media foto berita adalah 79,00. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster memiliki hasil yang lebih tinggi dibanding dengan media foto berita, sehingga dapat dikatakan bahwa media poster lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan, yaitu (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan pendekatan pembelajaran dan media yang tepat dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran keterampilan menulis puisi, diantaranya menggunakan pendekatan kontekstual. Guru juga dapat menggunakan media yang menarik untuk menunjang penerapan pendekatan pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media poster. (2) bagi peneliti lain hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis, khususnya keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, media poster, media foto berita, pendekatan kontekstual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:26
Last Modified: 06 Dec 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33714

Actions (login required)

View Item View Item