UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PANDAWA


Khasanah , 1601415098 (2019) UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PANDAWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PANDAWA]
Preview
PDF (UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PANDAWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Buku Cerita Bergambar Pandawa dapat menanamkan nilai karakter kemandirian anak usia 4-5 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Desai penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahunatau TK A di TK Al Jannah Gunungpati, Semarang yang berjumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan skala nilai karakter kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan jumlah item 47 item valid yang sebelumnya telah dilakukan uji coba sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test. Semua perhitungan diolah menggunakan SPSS IBM 20. Tingkat kemandirian anak usia 4-5 tahun sebelum diberikan perlakuan bercerita dengan buku cerita bergambar pandawa dalam kategori rendah 50% dan setelah diberikan perlakuan bercerita dengan buku cerita bergambar pandawa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi 39% dan kategori sangat tinggi dengan prosentase 61%. Berdasarkan hasil perhitungan Paired Sample T-test diperoleh nilai thitung = 21,329 > ttabel 2,030 dengan nilai signifikansi 0,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan hasil posttest yang artinya ada pengaruh Buku Cerita Bergambar Pandawa dalam menanamkan nilai karakter kemandirian anak usia 4-5 tahun. Perbedaannya yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig (2 tailed) < 0,05 yaitu 0,000. Artinya penerapan bercerita dengan media Buku Cerita Bergambar Pandawa dalam penelitian ini dapat menanamkan nilai karakter kemandirian anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Karakter Kemandirian, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:27
Last Modified: 06 Dec 2019 14:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33713

Actions (login required)

View Item View Item