PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEBUN HIDROPONIK BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL KAMIL SEMARANG
Anisa Maulida, 1601414070 (2019) PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEBUN HIDROPONIK BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL KAMIL SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEBUN HIDROPONIK BAGI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL KAMIL SEMARANG)
- Published Version
Download (819kB) | Preview |
Abstract
Mewujudkan salah satu visi lembaga RA Al Kamil yaitu menumbuh kembangkan kecerdasan dan perilaku anak secara alamiah menuju pribadi yang teguh dan berkarakter. Melihat potensi lingkungan sekitar lembaga yang masih berupa pedesaan yang membuat mata pencaharian rakyat sekitar berasal dari bercocok tanam, beternak, dan memiliki usaha kecil atau biasa disebut home industry. Sehingga RA Al Kamil melaksanakan program pembelajaran kewirausahaan melalui kebun hidroponik. Program pembelajaran kewirausahaan melalui kebun hidroponik tersebut bertujuan untuk menstimulus kreativitas siswa di RA Al Kamil serta memberikan ketrampilan untuk berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembelajaran kewirausahaan dengan kebun hidroponik di RA Al Kamil dan untuk mengetahui kreativitas pada peserta didik usia 5-6 tahun yang terdapat dalam pelaksanaan program pembelajaran kewirausahaan dengan kebun hidroponik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berusia 5-6 tahun, guru, dan orang tua murid di RA Al Kamil Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada program pembelajaran kewirausahaan dengan kebun hidroponik yang dilaksanakan RA Al Kamil dan kreativitas anak usia 5-6 tahun yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan melalui kebun hidroponik. Pelaksanaan program pembelajaran kewirausahaan dengan kebun hidroponik terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu kegiatan menanam, kegiatan market day, dan kegiatan memanen. Ketiga kegiatan inti tersebut mengimplementasikan nilai-nilai kewirausahaan yaitu mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, dan kerja keras. Kreativitas pada anak usia 5-6 tahun yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan kebun hidroponik dapat dilihat dari memiliki gagasan yang orisinil, kaya akan inisiatif, melihat suatu masalah beserta pemecahan masalah tersebut, memiliki ketrampilan yang berbeda, berpikir kritis dan ingin tahu, tanggung jawab serta komitmen pada tugas, percaya diri dan juga mandiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewirausahaan, Hidroponik, Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 12:35 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33701 |
Actions (login required)
View Item |