PENGARUH MEDIA ALPHABET FINGER SIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU


Uun Uniasih , 1601414063 (2019) PENGARUH MEDIA ALPHABET FINGER SIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA ALPHABET FINGER SIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA ALPHABET FINGER SIGN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ISYARAT PADA ANAK TUNARUNGU) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor berhasilnya pembelajaran yakni adanya media yang digunakan. Sejalannya waktu terdapat perkembangan media yang dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran. Anak tunarungu yang mempunyai kekurangan dalam pendengaran dapat juga mempengaruhi kemampuan bicara. Pada pemberian pembelajaran bahasa terdapat media yang digunakan yaitu media kartu isyarat. Selama kartu isyarat digunakan menjadi media pembelajaran yang digunakan menurut analisis yang dilakukan kartu isyarat kurang menarik bagi anak tunarungu. Yang mana sejalannya dengan perkembangan teknologi yang dapat menarik perhatian bagi anak tunarungu. Maka dari itu butuhnya media yang dapat di gunakan untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak tunarungu, dengan menggunakan media alphaber finger sign Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media alphabet finger sign terhadap kemampuan berbicara bahasa isyarat anak tunarungu di TK Insan Cendekia Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen one case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Penelitian dilakukan di TK Insan Cendekia Cilapacap. Subjek yang penelitian berjumlah 2 anak tunarungu. Teknik analisis data digunakan adalah analisis deskriptif, uji tanda dan uji hipotesis serta uji peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media alphabet finger sign berpengaruh terhadap kemampuan berbicara bahasa isyarat pada anak tunarungu. Uji analisis deskriptif diperoleh kemampuan berbicara bahasa isyarat pretest 50% kategori sangat rendah dan posttest 100% dalam kategori tinggi. Uji tanda didalaptkan 125 di ketahui bahwa terdapat perubahan atau peningkatan kemampuan berbicara bahasa isyarat. uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon SPSS 21.0 dengan nilai signifikan adalah 0.068 < 0.05 maka H (a) dan H (b) diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut berarti bahwa terdapat perubahan kemampuan bahasa isyarat anak tunarungu menggunakan media alphabet finger sign.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Alphabet Finger Sign, Kemampuan Berbicara, Bahasa Isyarat, Anak Tunarungu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 12:36
Last Modified: 06 Dec 2019 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33699

Actions (login required)

View Item View Item