MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAKET B PADA HOMESCHOOLING BERBASIS KOMUNITAS DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG


Lia Indriyani , 1201414039 (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAKET B PADA HOMESCHOOLING BERBASIS KOMUNITAS DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAKET B PADA HOMESCHOOLING BERBASIS KOMUNITAS DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAKET B PADA HOMESCHOOLING BERBASIS KOMUNITAS DI PKBM ANUGRAH BANGSA SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Homeschooling adalah merupakan model pendidikan alternatif selain sekolah yang diselenggarakan oleh keluarga, yang memungkinkan anak berkembang sesuai dengan potensi diri mereka masing-masing. Penyelenggaraan merupakan pengelolaan pendidikan yang mencakup seluruh kegiatan pendidikan formal, nonformal dan informal sesuai dengan wewenang pemerintah daerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) proses perencanaan pembelajaran paket B, (2) pelaksanaan pembelajaran paket B, (3) Evaluasi pembelajaran paket B, (4) faktor penghambat dan pendukung pembelajaran paket B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari supervisi akademik, ketua PKBM, dan staff. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan 1 minggu 3 kali pertemuan dengan persentase teori 50% dan praktek 50% yang disesuaikan pada minat peserta didik, (2) pelaksanaan pembelajaran mengacu pada standar proses pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang diciptakan lebih santai, (3) evaluasi dilakukan secara menyeluruh pada manjemen pembelajaran oleh supervisi akademik dan tutor, (4) faktor pendorongnya yaitu suasana lingkungan kelas yang nyaman dan terbuka bagi peserta didik dalam mengekspersikan diri. Faktor penghambat yang ditemukan ada 2 faktor internal yaitu turun nya minat peserta didik karena pengaruh gadget, eksternal yaitu masih ada kekurangan fasilitas laboratorium praktek, koleksi buku di perpustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen pembelajaran paket B yang diselenggarakan di PKBM Anugrah Bangsa dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah kegiatan pembelajaran serta beberapa kendala dalam penyelenggaraan pembelajaran. Saran perlu adanya pembagian waktu antara teori dan praktek dalam materi pembelajaran, mengantisipasi kendala yang ada, mengganti atau menambah peralatan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Homeschooling, Penyelenggaraan, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:48
Last Modified: 05 Dec 2019 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33694

Actions (login required)

View Item View Item