PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI BBPLK SEMARANG


Irvan Ariviyanto , 1201414020 (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI BBPLK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI BBPLK SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA PELATIHAN DI BBPLK SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja sangat berpengaruh dalam memasuki dunia kerja dan sangat membantu sikap dan mental dalam menghadapi permasalahan yang ada. Sempitnya lapangan pekerjaan akan menjadi tantangan bagi pencari kerja karena setiap tahun akan semakin bertambah sehingga semakin ketat persaingan dalam menghadapi situasi pekerjaan. Pemberian kesadaran akan tantangan kesiapan kerja merupakan salah satu usaha dari BBPLK Semarang untuk meningkatkan motivasi dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menguji pengaruh motivasi terhadap Kesiapan Kerja di BBPLK Semarang, (2) Menguji pengaruh kedisiplinan terhadap Kesiapan Kerja di BBPLK Semarang, (3) Menguji pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap Kesiapan Kerja di BBPLK Semarang secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah tahap VI, VII,VIII, IX dan tahap X di BBPLK Semarang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jika subjeknya kurang dari 100 orang sebaiknya diambil semua. Jumlah sampel pada penelitian adalah tahap IX dan X dengan uji coba instrument penelitian 20 peserta, dan 126 peserta menjadi responden penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir/korelasional dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji multikolinealiritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap kesiapan kerja sebesar 70,64 %, (2) Terdapat Pengaruh positif antara kedisiplinan terhadap kesiapan kerja sebesar 81,75%, (3) Terdapat pengaruh positif motivasi dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja sebesar 53,17%. Kesimpulan variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel kedisiplinan terhadap kesiapan kerja. Saran peneliti yaitu meningkatkan kualitas Motivasi dan Kedisiplinan para peserta, memberikan kegiatan tambahan untuk meningkatkan kesiapan kerja, dan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Motivasi dan Kedisiplinan, Pelatihan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:18
Last Modified: 05 Dec 2019 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33693

Actions (login required)

View Item View Item