IMPLEMENTASI BUKU CERITA KSATRIA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL HIDAYAH KARANGGEDE BOYOLALI


Sinthia Nurul Fitri , 1601414038 (2019) IMPLEMENTASI BUKU CERITA KSATRIA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL HIDAYAH KARANGGEDE BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI BUKU CERITA KSATRIA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL HIDAYAH KARANGGEDE BOYOLALI]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI BUKU CERITA KSATRIA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL HIDAYAH KARANGGEDE BOYOLALI) - Published Version
Download (816kB) | Preview

Abstract

Permasalahan nilai-nilai karakter yang terjadi pada anak usia dini adalah kurangnya kemampuan anak dalam aspek tanggung jawab, komunikatif dan kerjasama. Untuk mengatasi hal itu peneliti menggunakan media buku cerita ksatria bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku karakter kepemimpinan anak usia 5-6 tahun sebelum dan setelah mendapatkan treatment dan untuk mengetahui pengaruh buku cerita ksatria dalam menanamkan perilaku kepemimpinan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Data diambil menggunakan angket yang diisi guru kelas. populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di TK IT Al-Hidayah Karanggede, Boyolali. Sedangkan sampelnya sebanyak 30 siswa di kelas B3 yang menjadi kelas eksperimen yang mana diberikan treatment oleh peneliti dengan menggunakan metode bercerita ksatria book. Analisis Validitas menggunakan product moment dimana instrumen skala nilai karakter kepemimpinan dari 96 item terdapat 20 item gugur dan hasil dari reliabelitas dengan perhitungan crobach’s alpha diperoleh skor sebanyak 0,964 > 0,06 maka instrumen tersebut reliabel dan dapat digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil penelitian yang signifikan pada saat pretest yakni dengan nilai maksimum 199, nilai minimum 107, nilai range 92 dan nilai rata-ratanya 141,53. Sedangkan posttest memiliki nilai maksimum 278, nilai minimum 215, nilai range 63 dan nilai rata-ratanya 253,37. Uji normalitas dengan menggunakan taraf kepercayaan 0,05. Hasil data taraf signifikansi dari nilai pretest 0,135 > 0,05 dan data taraf signifikansi pada nilai posttest adalah 0,124 > 0,05. Taraf signifikansi keduanya berdistribusi normal karena lebih dari taraf signifikansi baku yakni 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan hasil analisis data yaitu nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan terdapat perubahan pada peningkatan yang signifikan nilai karakter kepemimpinan pada anak usia dini setelah dilaksanakan penerapan metode bercerita buku cerita ksatria tentang nilai karakter pada anak usia dini. Hendaknya dalam melakukan treatment dengan media buku cerita ksatria. Menyediakan lebih dari satu buku, agar saat berlangsungnya treatment anak tidak berebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Ksatria, Pendidikan Karakter, Nilai Karakter Kepemimpinan, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:12
Last Modified: 05 Dec 2019 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33691

Actions (login required)

View Item View Item