KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGANELAYAN DI DESA UJUNGALANG KECAMATAN KAMPUNGLAUT KABUPATEN CILACAP)


Nahla Mega Pratiwi , 1601414035 (2019) KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGANELAYAN DI DESA UJUNGALANG KECAMATAN KAMPUNGLAUT KABUPATEN CILACAP). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGANELAYAN DI DESA UJUNGALANG KECAMATAN KAMPUNGLAUT KABUPATEN CILACAP)]
Preview
PDF (KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS KELUARGANELAYAN DI DESA UJUNGALANG KECAMATAN KAMPUNGLAUT KABUPATEN CILACAP)) - Published Version
Download (685kB) | Preview

Abstract

Orangtua merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama, dimana anak mendapatkan pengaruh dari dunia luar pada masa yang amat penting dan paling kritis dalam pendidikan, terutama pendidikan agama pada anak usia dini. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak akan memberikan keuntungan bagi orang tua dan memberikan keuntungan bagi anak. Namun orangtua masih belum menyadari, ini terjadi pada orangtua nelayan, ketika pagi hari ayah harus pergi melaut dan pulang ketika hari sudah petang atau sebaliknya tergantung dengan cuaca yang ada setiap harinya, sedangkan para ibu sibuk dengan aktivitas rumah tangganya sehingga pendidikan anak didalam rumah pada keluarga nelayan desa Ujungalang belum maksimal. Hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan dan pengarahan dari orang tua tentang pendidikan agama bagi anak, yang terpenting bagi orangtua nelayan adalah mampu membayar kewajiban sekolah dan dapat memberikan kecukupan papan, sandang dan pangan setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan agama pada anak usia dini dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan pendidikan agama pada anak usia dini di desa Ujungalang kecamatan Kampung Laut kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan menggunakan metode teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini adalah keikutsertaan orangtua, ibu lebih dominan. Sementara ayah kurang dominan dalam pengasuhan secara langsung. Lalu untuk keterkaitan ayah mempercayakan kepada ibu untuk menjaga dan mengawasi anak ketika ayah bekerja. Sedangkan untuk perihal tanggung jawab orangtua memberi tanggung jawab terhadap guru disekolah dan guru ngaji di TPA serta saat anak salah akan diberi hukuman oleh orangtua supaya jera. Hal yang menjadi faktor penghambat orangtua dalam memberikan pendidikan agama pada anak adalah 1) pendidikan terakhir orangtua, 2) penghasilan orangtua, 3) jumlah anak, sedangkan faktor pendukung orangtua dalam memberikan pendidikan agama pada anak adalah 1) minat pribadi anak, 2) dorongan keluarga. Diharapkan orangtua paham akan kunci pendidikan didalam rumah yaitu pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, pendidikan agama, keluarga nelayan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:14
Last Modified: 05 Dec 2019 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33687

Actions (login required)

View Item View Item