KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEMBELAJARAN SENTRA GERAK DI PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG
Bela Melyana Listiadi , 1601414028 (2019) KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEMBELAJARAN SENTRA GERAK DI PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PEMBELAJARAN SENTRA GERAK DI PAUD TAMAN BELIA CANDI SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran sentra gerak di PAUD Taman Belia Candi Semarang yang terprogram dalam memberikan stimulasi kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam pelaksanaan sentra gerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan wawancara dengan kepala sekolah, guru sentra gerak dan seluruh guru sentra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentra gerak yang diterapkan di PAUD Taman Belia Candi merupakan sentra gerak berbasis neurokinestetik. Perencanaan pembelajaran dimulai dengan assessment awal dilanjutkan dengan penyusunan program tahunan selanjutnya dijabarkan menjadi program semester, rencana kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian. Pelaksanaan pembelajaran sentra gerak di PAUD Taman Belia Candi yang dilakukan selama 1-1.5 jam dengan menggunakan 4 pijakan. Pijakan lingkungan yaitu guru menyiapkan dan menata bahan main. Pijakan saat main merupakan seluruh kegiatan main yang dilakukan dalam pembelajaran. Pijakan setelah main adalah memberitahukan sisa waktu kegiatan belajar dan membereskan mainan, recolling. Pelaksanaan pembelajaran sentra gerak berbasis neurokinestetik yang diterapkan PAUD Taman Belia Candi Semarang kemampuan motorik kasar anak pada unsur koordinasi (kepala, mata, tangan), keseimbangan, kelenturan, kelincahan pada anak usia 5-6 tahun dapat terstimulasi dengan melakukan kegiatan senam engram kinestetik dan kegiatan main tambahan yang disediakan guru sentra gerak. Faktor pendukung yang domain adalah sarana dan prasarana, yang mana alat dan tempat pembelajaran sangat mendukung kemampuan motorik anak khususnya motorik kasar. Faktor penghambat yang paling utama adalah faktor lingkungan, pembelajaran akan terkendala jika anak-anak tidak kondusif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Kasar, Sentra Gerak |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 15:15 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 15:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33686 |
Actions (login required)
View Item |