UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI SENAM IRAMA DI TK IHSANIYAH 1 KOTA TEGAL
Amanda Tri Oktaviani , 1601414022 (2019) UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI SENAM IRAMA DI TK IHSANIYAH 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI SENAM IRAMA DI TK IHSANIYAH 1 KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan perkembangan kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di TK Ihsaniyah 1 Kota Tegal setelah anak diberikan perlakuan (treatment) senam irama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah semua anak di TK Ihsaniyah 1 Kota Tegal yang berjumlah 57 anak dan sampelnya 30 anak dari kelompok usia 5-6 tahun di TK Ihsaniyah 1 Kota Tegal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai - t hitung > - t tabel (-8.102 > -2.042), dengan sig=0.000. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig. (2-tailed) < 0.05 yaitu 0.000. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Ihsaniyah 1 Kota Tegal dari sebelum dan setelah diberikan perlakuan yaitu kegiatan senam irama dengan jumlah peningkatan skor 10.2.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Kinestetik, Senam Irama, Anak Usia Dini |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 15:17 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 15:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33683 |
Actions (login required)
View Item |