PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA SE-KOTA PEKALONGAN
Nur Risqi Aprilia, 3101414032 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH DI SMA SE-KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sumber belajar merupakan salah satu faktor penentu, selain keprofesionalan guru dalam menjalankan tugas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Daya saing antara sekolah semakin menjadi permasalahan. Sumber belajar yang biasa terdapat di lingkungan sekolah misalnya perpustakaan sekolah, halaman sekolah, alat-alat peraga, internet dan laboraturium IPS. Sumber belajar yang terdapat dilingkungan seharusnya dapat dimanfaatkan oleh guru sejarah untuk menunjang dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Sumber belajar yang digunakan harus mampu membantu siswa maupun guru dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat terlaksana. Sumber belajar yang dimanfaatkan guru dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap keaktifan, dan prestasi siswa. Indikator yang menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar adalah sebagai berikut: a) Adanya hasrat atau keinginan untuk berhasil dalam belajar; b) Adanya keinginan, semangat dan kebutuhan dalam belajar; c) Memiliki harapan dan cita-cita masa depan; d) Belajar demi memenuhi kewajiban; e) Adanya pemberian penghargaan dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Alat pengambilan data dengan menggunakan skala motivasi belajar dan angket pemanfaatan sumber belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Se- Kota Pekalongan, Sampel Penelitian yaitu 50 Siswa dari 3 Sekolah. Teknik analisis data menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri se-Kota Pekalongan termasuk dalam kategori sangat tinggi. (2) motivasi belajar sejarah di SMA Negeri se-Kota Pekalongan termasuk dalam kategori sangat tinggi. (3) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sejarah di SMA Se-Kota Pekalongan. Saran yang dapat diberikan kepada pihak guru dalam pembelajaran sejarah diharapkan guru lebih bervariatif lagi untuk memilih sumber belajar sejarah dan metode. Sumber belajar sejarah dan metode setiap akan menyampaikan materi kepada siswanya harus bervariasi sehingga siswa tidak bosan dengan cara guru mengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sumber Belajar, Motivasi Belajar Sejarah, Learning Resources, Learning Motivation History |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 14:37 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 14:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33680 |
Actions (login required)
View Item |