PENERAPAN REWARD STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENGENALAN MEMBACA IQRO’ DI TKIT AL FALAAH KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI


Eni Puji Lestari , 1601414005 (2019) PENERAPAN REWARD STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENGENALAN MEMBACA IQRO’ DI TKIT AL FALAAH KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN REWARD STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENGENALAN MEMBACA IQRO’ DI TKIT AL FALAAH KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI]
Preview
PDF (PENERAPAN REWARD STIKER BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PENGENALAN MEMBACA IQRO’ DI TKIT AL FALAAH KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu, dalam hal ini yang memiliki ciri khas dalam hal menumbuhkan gairah, merasa senang, antusias, dan semangat untuk belajar. Motivasi pada diri anak harus digerakkan untuk membangkitkan semangat belajar, baik dari dalam maupun dari luar anak agar mencapai tujuan dan harapan yang ingin dicapai. Reward stiker bergambar dapat menjadi salah satu bentuk penerapan yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi pengenalan membaca al qur’an pada anak sebagai bentuk penghargaan yang menyenangkan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatkan motivasi pengenalan membaca al qur’an anak usia dini ditinjau dari penerapan reward stiker bergambar dan menjelaskan perbedaan motivasi pengenalan membaca iqro’anak usia dini ditinjau dari penerapan reward stiker bergambar. Objek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B dengan jumlah sampel sebanyak 30 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi pengenalan membaca al qur’an anak ditinjau dari penerapan reward stiker bergambar serta terdapat perbedaan motivasi pengenalan membaca al qur’an anak ditinjau dari penerapan reward stiker bergambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre experimental design dan jenis desain eksperimen one group pretest-posttest design . Objek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B dengan jumlah sampel sebanyak 30 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, sedangkan analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dan teknik persentase. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh t hitung > t tabel (27,336>2.048) dan p value <0,05 (0,000<0,05), maka hipotesis diterima. Perhitungan persentase motivasi pengenalan membaca al qur’an anak mengalami kenaikan sebesar 29,82% antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan motivasi pengenalan membaca iqro’ anak ditinjau dari penerapan reward stiker bergambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reward stiker bergambar, Motivasi, Membaca iqro’.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 15:18
Last Modified: 05 Dec 2019 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33679

Actions (login required)

View Item View Item