KERAGAMAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019


Ayu Ria Anggraeni, 3101414025 (2019) KERAGAMAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414025maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam suatu pembelajaran. Media memiliki fungsi sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar lebih jelas. Keragaman media pembelajaran tergantung pada kreatifitas yang dimiliki guru serta ketersediaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sejarah dan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah oleh guru sejarah, kendalakendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media pada pembelajaran sejarah, serta mengetahui keragaman media yang digunakan guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu di SMAN 1 Rembang, SMAN 2 Rembang, SMAN 3 Rembang, SMAN 1 Lasem, SMAN 1 Sulang, SMAN 1 Sumber. Metode pengumpulan data berupa : observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran sejarah di SMA negeri di Kabupaten Rembang berjalan baik. Media pembelajaran yang digunakan di SMAN 1 Rembang, SMAN 3 Rembang, SMAN 1 Lasem, SMAN 1 Sumber berupa power point (ppt), LCD, proyektor, video, buku paket, LKS. SMAN 2 Rembang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, internet. SMAN 1 Sulang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, papan tulis, miniatur. Kendala yang dihadapai guru SMAN 1 Rembang, SMAN 2 Rembang, SMAN 3 Rembang, dalam pemanfaatan media adalah terkait kendala teknis pada media pembelajaran. Kendala yang diahdapi guru SMAN 1 Lasem berupa pemadaman listrik, kendala guru SMAN 1 Sumber terkait ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan guru SMAN 1 Sulang tidak menemui kendala yang berarti. Terdapat keberagaman penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang. Terdapat sekolah yang menggunakan media konvensional, mutakhir, maupun kedua-duanya. Saran, penggunaan media harus diikuti dengan keterangan dari guru, guru hendaknya lebih kreatif dalam memanfaatkan benda sebagai media, sekolah hendaknya menyediakan sarana prasarana media pembelajaran yang memadai untuk menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Guru, Pembelajaran, Sekolah, Media, Teachers, Learning, Schools
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:22
Last Modified: 05 Dec 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33677

Actions (login required)

View Item View Item