PERSEPSI SISWA TENTANG TOKOH TUMENGGUNG BAHUREKSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MA NEGERI KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Dini Nur Fadhilah, 3101414017 (2019) PERSEPSI SISWA TENTANG TOKOH TUMENGGUNG BAHUREKSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MA NEGERI KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414017maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan pendekatan tokoh, khususnya di MA Negeri Kendal sangat masih kurang mendapatkan perhatian dari para tokoh pendidikann ataupun dari para pengajarnya. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pokok bahasan tokoh Tumenggung Bahureksa yang diajarkan di MA Negeri Kendal. 2) Untuk mengidentifikasi persepsi siswa mengenai tokoh Tumenggung Bahureksa dalam pembelajaran sejarah di MA Negeri Kendal. 3) Untuk menganalisis hambatan dalam pembelajaran sejarah mengenai Tokoh Tumenggung Bahureksa di MA Negeri Kendal. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) observasi, (2) wawancara (3) dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menyatakan : 1) Untuk Mengetahui proses berlangsungnya kegiatan belajar mengenai Tokoh Tumenggung Bahureksa berlangsung kondusif akan tetapi tidak ada dalam Kompetensi Dasar dan tidak dibahas dalam MGMP Sejarah Indonesia di Kota Kendal. Materi Tokoh Tumenggung Bahureksa dalam KD (4.6 Menulis sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan). 2) Persepsi siswa mengenai tokoh Tumenggung Bahureksa dalam pembelajaran sejarah di MA Negeri 1 Kendal yaitu setuju atas pemberian gelar Tokoh daerah kepada Tumenggung Bahurekso. Bagi siswa MAN Kendal, Tumenggung Bahurekso adalah sosok yang tangguh, pekerja keras, rendah hati, sosok yang berjuang tidak mengenal lelah dan ikhlas. Dengan alasan inilah siswa MAN Kendal setuju atas pemberian gelar Tokoh daerah kepada Tumenggung Bahurekso. 3) Hambatan dalam pembelajaran sejarah tokoh Tumenggung Bahureksa di MA Negeri 1 Kendal dibagi diantaranya alokasi waktu, siswa yang menganggap bahwa pembelajaran sejarah hanyalah materi hafalan saja. Saran guru sejarah di MA Negeri Kendal diharapkan mampu merencanakan pembelajaran secara baik dengan menyusun RPP dan mempersiapkan sumber materi mengenai Tokoh Tumenggung Bahureksa yang lengkap sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Tokoh Tumenggung Bahureksa, Pembelajaran Sejarah, Perception, Tumenggung Bahureksa Figure, Historical Learning
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:17
Last Modified: 05 Dec 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33676

Actions (login required)

View Item View Item