PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ARROHMAH, MRANGGEN, DEMAK


Rafita Hidayah , 1201412023 (2019) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ARROHMAH, MRANGGEN, DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ARROHMAH, MRANGGEN, DEMAK]
Preview
PDF (PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ARROHMAH, MRANGGEN, DEMAK) - Published Version
Download (565kB) | Preview

Abstract

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Luar Sekolah mempunyai kedudukan yang sama dengan pendidikan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Maka pemerintah menyelanggarakan pendidikan lanjutan bagi masyarakat yang telah menyelesaikan pendidikan SLTP atau sederajat, yaitu kejar paket C setara SMU. PKBM Ar Rohmah adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang menyelenggarakan salah satu program kejar paket C (SMA). Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip andragogi pada proses pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Ar Rohmah,; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada proses pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Ar Rohmah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala PKBM, pengelola, tutor 2 orang, dan 3 orang warga belajar di PKBM Ar Rohmah. Analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa prinsip andragogi sudah cukup diterapkan oleh pamong belajar dalam proses pembelajaran. Hal ini tampak dalam metode belajar yang digunakan, pemberian motivasi untuk meningkatkan semangat belajar dan pemberian evaluasi hasil belajar. Sedangkan dari warga belajar sendiri prinsip andragogi dalam proses pembelajaran belum nampak dikarenakan adanya hambatan yang dirasakan warga belajar seperti kondisi fisik warga belajar yang menurun akibat padatnya kegiatan lain sebelum pembelajaran dimulai. Saran dalam penelitian ini adalah, (1) diharapkan pamong belajar tetap memberikan dukungan semangat belajar yang lebih besar agar prestasi yang warga belajar capai tidak menurun; (2) upaya untuk meningkatkan agar hasil belajar warga belajar tercapai secara optimal dapat dilakukan melalui upaya motivasi dan stimulasi belajar bagi warga belajar, proses pembelajaran lebih berorientasi pada praktik kerja dan sistem evaluasi tidak hanya berorientasi pada hasil namun juga pada proses dan dampak belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Andragogi, Proses Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:56
Last Modified: 05 Dec 2019 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33675

Actions (login required)

View Item View Item