PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMA


Wilujeng Fitriana Sari , 1601413029 (2019) PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMA]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN DEMA) - Published Version
Download (574kB) | Preview

Abstract

Peduli Lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 4-6 tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Demak dengan pembelajaran Global Warming. Pembelajaran Global Warming meliputi Reduce, Reuse, Recycle, Banjir, Penebangan Pohon, Tanah longsor, Hutan sekolah, Peduli lingkungan rumah, peduli lingkungan sekolah, pengenalan Global Warming , Perlindungan hewan, dan Kebakaran Hutan. Desain penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif eksperimental yang masuk pada Pre Eksperimental Desain dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dengan populasi berjumlah 124 dengan sampel 31. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala Karakter Peduli Lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter peduli lingkungan anak suai 4-6 tahun dengan metode pembelajaran Global Warming. Berdasarkan hasil perhitungan nilai t dan sig , dapat diketahui bahwa nilai t sebesar 21,757 > 2,042 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Jadi dapat dijelaskan bahwa terdapat peningkatan karakter peduli lingkungan anak usia 4-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Demak menggunakan metode pembelajaran Global Warming.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Global Warming, karakter peduli lingkungan, anak usia dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:15
Last Modified: 05 Dec 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33669

Actions (login required)

View Item View Item