STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK PESERTA DRUM BAND DI TK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG


Widya Evin Pramudita , 1601412072 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK PESERTA DRUM BAND DI TK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK PESERTA DRUM BAND DI TK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK PESERTA DRUM BAND DI TK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG) - Published Version
Download (644kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal anak peserta drum band di TK Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di TK. Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah : guru, pelatih, dan anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni : Interaktif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan kecerdasan interpersonal anak peserta drum band ialah dengan menerapkan pembiasaan perilaku atau sikap-sikap yang dapat menumbuhkan kecerdasan interpersonal anak peserta drum band. Guru mendidik, mengajar, mengarahkan, menstimulus, memotivasi, serta memberikan teladan yang baik. Pembelajaran drum band di TK Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang dilaksanakan dua kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Kamis dan Jumat. Melalui kegiatan drum band anak dapat meningkatkan kedisiplinan, melatih kekompakkan, mengubah pola belajar dan kebiasaan, melatih kepemimpinan, melatih kerjasama, mengubah karakter, dapat memotivasi diri sendiri, serta melatih bersosialisasi. Pada penelitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran drum band sudah memuat kecerdasan interpersonal, maka pembelajaran drum band dapat dijadikan sebagai media penunjang kecerdasan interpersonal anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kecerdasan Interpersonal, Drum Band
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:16
Last Modified: 05 Dec 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33668

Actions (login required)

View Item View Item