IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK IT MUTIARA HATI SEMARANG


Nuzulia Kimiaissa’adah , 1601412023 (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK IT MUTIARA HATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK IT MUTIARA HATI SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK IT MUTIARA HATI SEMARANG) - Published Version
Download (853kB) | Preview

Abstract

Secara global, minat baca warga negara Indonesia masih terbilang sangat rendah. Hal ini dapat dikaitkan dengan minimnya pengenalan gerakan membaca pada anak, dimana usia terbaik dalam pengembangan kecerdasan dan minat seseorang ada pada usia dini. Tidak salah memperkenalkan keaksaraan awal sejak usia dini, asal dengan prosedur yang tepat. Gerakan Literasi Nasional (GLN) hadir sebagai solusi dalam hal tersebut sejalan dengan adanya permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yang mulai digiatkan sejak tahun 2016. Karenanya, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Membaca dalam menumbuhkembangkan minat baca anak usia dini di TK IT Mutiara Hati Semarang. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di TK IT Mutiara Hati Semarang dengan informan yaitu kepala sekolah, guru kelas, penanggung jawab perpustakaan sekolah, dan walimurid. Data yang dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa implementasi Gerakan Literasi Membaca di TK IT Mutiara Hati terkonsep pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kemudian diintegrasikan dalam kegiatan pembiasaan dan terprogram, seperti GERNAS BAKU, Perpustakaan Sekolah, dan Pojok Baca, yang disesuaikan dengan tingkat pencapaian perkembangan anak dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, diikuti proses evaluasi secara umum. Kendala yang ditemukan meliputi: ketersediaan buku, ketertiban anak-anak dalam meminjam buku, luas ruangan perpustakaan sekolah, ketidaksinkronan antara pengenalan budaya membaca di sekolah dan di rumah, serta mood anak yang selalu berubah. Saran dari penelitian ini agar pendidik meningkatkan atau menambah program-program literasi di sekolah dengan konsep yang lebih matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Membaca, Minat Baca, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:17
Last Modified: 05 Dec 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item