“BERTAHAN HIDUP DI JALANAN” (STUDI KASUS LIFE SURVIVAL STRATEGY PADA HOMELESS FAMILY DI KOTA SEMARANG)


Sofi Dwi Oktafiana , 1511415058 (2019) “BERTAHAN HIDUP DI JALANAN” (STUDI KASUS LIFE SURVIVAL STRATEGY PADA HOMELESS FAMILY DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of “BERTAHAN HIDUP DI JALANAN” (STUDI KASUS LIFE SURVIVAL STRATEGY PADA HOMELESS FAMILY DI KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (“BERTAHAN HIDUP DI JALANAN” (STUDI KASUS LIFE SURVIVAL STRATEGY PADA HOMELESS FAMILY DI KOTA SEMARANG)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas sebuah keluarga yaitu memenuhi hak dan kewajiban dalam rumah tangga seperti terjaminnya aspek jasmani dan rohani. Namun hal ini berbeda dengan keluarga gelandangan (homeless family). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana life survival strategy pada homeless family di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah keluarga gelandangan yang telah hidup menggelandang di jalanan lebih dari 2 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik pengumpul data, serta triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah Kedua subjek mengembangkan strategi untuk bertahan di jalanan dengan cara menumpang di warung milik orang lain untuk tidur, melakukan aktivitas dengan memanfaatkan fasilitas umum, memiliki relasi dengan petugas keamanan, dan bertahan di jalanan untuk menghindari konflik. Sedangkan perbedaan strategi dari kedua subjek saat menggelandang adalah mengenai relasi pertemanan dan kondisi kesehatan yang dialami. Setelah hidup menggelandang, kedua subjek memiliki usaha untuk memperbaiki hidup ke arah yang lebih baik. Terdapat persamaan temuan diluar dari tema life survival strategy, diantaranya tema pernikahan secara siri, perselingkuhan, hedonisme, dan kurangnya peran istri dalam keluarga. Selain itu ditemukan perbedaan diluar tema life survival strategy, diantaranya tema kehidupan saat kecil, kenakalan saat remaja, kondisi kejiwaan, sikap terhadap pasangan, hubungan dengan mertua, sikap pasangan saat tinggal di jalanan, komitmen terhadap pekerjaan, perasaan terhadap anak, serta perasaan saat tinggal di jalanan. Life survival strategy pada subjek 2 lebih baik daripada subjek 1. Hal ini disebabkan karena lingkungan sosial dari subjek 2 sejak kecil adalah jalanan sehingga subjek 2 memiliki pengalaman yang lebih banyak mengenai cara atau strategi mempertahankan hidup meskipun dalam situasi yang sulit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Gelandangan, Life Survival Strategy, Jalanan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:24
Last Modified: 05 Dec 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33659

Actions (login required)

View Item View Item