HUBUNGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA PENGGEMAR KOREAN IDOL


Siti Nurul Rohmah , 1511415035 (2019) HUBUNGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA PENGGEMAR KOREAN IDOL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA PENGGEMAR KOREAN IDOL]
Preview
PDF (HUBUNGAN HEDONIC SHOPPING VALUE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA PENGGEMAR KOREAN IDOL) - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Impulsive buying adalah perilaku pembelian yang dilakukan oleh individu secara tidak terencana, tanpa pertimbangan dan cenderung dilakukan berulang-ulang tanpa memikirkan akibat. Penggemar Korean Idol yang memiliki kecenderungan impulsive buying akan membeli suatu produk berdasarkan keinginannya. Hasil studi awal menunjukkan bahwa penggemar korean idol memiliki kecenderungan perilaku impulsive buying yang tinggi. Salah satu variabel yang diduga melatarbelakangi tinggi rendahnya impulsive buying adalah adanya dorongan untuk membeli suatu produk yang menimbulkan kesenangan pada diri individu. Dorongan dan kesenangan ini bersifat subjektif sesuai dengan pengalaman berbelanja yang dirasakan oleh individu. Nilai pengalaman berbelanja yang dirasakan oleh individu ini disebut dengan hedonic shopping value. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran impulsive buying pada penggemar korean idol, mengetahui gambaran hedonic shopping value pada penggemar korean idol dan ada tidaknya hubungan hedonic shopping value dengan impulsive buying pada penggemar Korean idol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah penggemar Korean idol yang tergabung ke dalam komunitas fanbase army Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala impulsive buying yang berisi 35 aitem dengan koefisien reliabilitas α = 0,946, dan skala hedonic shopping value yang berisi 34 aitem dengan koefisien reliabilitas α = 0,942. Hasil penelitian didapati hedonic shopping value berada pada kategori tinggi, dan impulsive buying berada pada kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik korelasi spearman menghasilkan nilai rho sebesar 0,281 dengan nilai signifikansi 0,001 (ρ < 0,05), Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada hubungan hedonic shopping value dengan impulsive buying pada penggemar Korean idol diterima. Semakin tinggi hedonic shopping value maka akan semakin tinggi tingkat impulsive buying penggemar korean idol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: impulsive buying, hedonic shopping value
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:26
Last Modified: 05 Dec 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item