PENGARUH GROWTH MINDSET TERHADAP GRIT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI ORGANISASI
Isnaeni Mas’udah , 1511415029 (2019) PENGARUH GROWTH MINDSET TERHADAP GRIT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI ORGANISASI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH GROWTH MINDSET TERHADAP GRIT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI ORGANISASI)
- Published Version
Download (647kB) | Preview |
Abstract
Kesuksesan dapat dicapai dengan konsisten pada minat dan tekun berusaha. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa mahasiswa organisasi memiliki konsistensi minat dan ketekunan berusaha yang kurang mengindikasikan grit rendah. Sehingga berdampak pada penurunan performa akademik dan prestasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi grit akademik adalah growth mindset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah growth mindset berpengaruh terhadap grit akademik pada mahasiswa organisasi. Penelitian ini dilakukan pada 354 Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengikuti organisasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Grit Akademik diukur dengan skala Grit Akademik berjumlah 22 aitem, reliabilitas 0,874. Sedangkan skala Growth Mindset, 18 aitem dengan reliabilitas 0,815. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik simple linear regression dengan bantuan software pengolah data. Grit akademik mahasiswa organisasi berada pada kategori sedang sebesar 65,53%. Growth mindset mahasiswa berada pada kategori tinggi sebesar 57,34%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh growth mindset terhadap grit akademik dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Growth Mindset, Grit Akademik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 14:27 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 14:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33657 |
Actions (login required)
View Item |