PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN TASK VALUE TERHADAP TASK DISENGAGEMENT PADA SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL


Eka Sumardiyanti , 1511415019 (2019) PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN TASK VALUE TERHADAP TASK DISENGAGEMENT PADA SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN TASK VALUE TERHADAP TASK DISENGAGEMENT PADA SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL]
Preview
PDF (PENGARUH ACADEMIC SELF-EFFICACY DAN TASK VALUE TERHADAP TASK DISENGAGEMENT PADA SISWA SMK NEGERI 3 KENDAL) - Published Version
Download (601kB) | Preview

Abstract

Task disengagement merupakan perilaku siswa yang cenderung untuk tidak terlibat dalam aktivitas-aktivitas akademik. Siswa akan menyerah atau melepaskan diri, dan tidak berkomitmen pada tugas-tugas belajar, ketika dihadapkan dengan tugas akademis yang membosankan atau sulit. Hasil studi awal menunjukkan bahwa siswa SMK N 3 Kendal memiliki task disengagement yang tinggi. Beberapa variabel ditengarai menjadi penyebab tingginya task disengagement diantaranya siswa merasa tidak memiliki keyakinan dalam dirinya untuk mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan (academic self-efficacy) dan siswa meninggalkan kelas karena tidak tertarik dengan mata pelajaran yang mana ketidaktertarikannya mengindikasikan bahwa siswa tidak memiliki kesenangan maupun manfaat dari pelajaran tersebut (task value). Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh academic self-efficacy dan task value terhadap task disengagement. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 3 Kendal. Sampel dalam penelitian ini 173 siswa dengan pengambilan sample menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala task disengagement yang berisi 35 aitem, skala academic self-efficacy yang berisi 20 aitem dan skala task value yang terdiri dari 26 aitem. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis berganda. Hasil olah data menunjukkan nilai F sebesar 24.125 dengan taraf signifikansi 0.000 (p<0.05), yang berarti hipotesis yang berbunyi “academic self-efficacy dan task value berpengaruh terhadap task disengagement” diterima. Artinya academic self-efficacy dan task value secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap task disengagement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Academic Self-efficacy, Task Value, Task Disengagement
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:28
Last Modified: 05 Dec 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33656

Actions (login required)

View Item View Item