HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA NEGERI 1 SULANG


Dewi Lissa Ahlun Nisa’ , 1511415013 (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA NEGERI 1 SULANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA NEGERI 1 SULANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA NEGERI 1 SULANG) - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Perencanaan karir merupakan tindakan yang dilakukan individu dalam menyusun langkah yang akan diambil dalam bidang karir dengan memanfaatkan peluang, kesempatan dan mengkorelasikan antara kemampuan diri yang meliputi keterampilan pribadi, kemampuan intelektual, potensi, bakat dan minat serta pengetahuan dalam menetapkan rencana guna mencapai tujuan karir yang diinginkan. Permasalahan karir dapat di alami oleh siapapun termasuk pada siswa SMA Negeri 1 Sulang dimana perencanaan karirnya tergolong kurang. Perencanaan karir yang dimiliki oleh siswa memiliki dampak pada keberhasilan ataupun kegagalan karir diperkirakan memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan memahami dan menilai diri sendiri, mencakup konsep diri individu yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perencanaan karir siswa SMA Negeri 1 Sulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik ini dilakukan melalui undian pada 238 subjek penelitian. Jumlah sampel yang dijadikan subjek dalam penelitian ini yaitu 70% atau 168 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan skala perencanaan karir dengan jumlah item valid 52 item dengan reliabilitas 0,925 dan skala konsep diri dengan jumlah item valid sebanyak 42 item dengan reliabilitas 0,894. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan karir siswa SMA Negeri 1 Sulang berada pada kategori tinggi. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa F hitung sebesar 135,793 dengan taraf signifikansi (p < 0,05), sehingga hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa konsep diri siswa memiliki hubungan yang positif dengan perencanaan karir siswa, artinya semakin tinggi konsep diri siswa maka semakin baik pula perencanaan karirnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Konsep Diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:28
Last Modified: 05 Dec 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33655

Actions (login required)

View Item View Item