HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA SEMARANG


Nurieka Aulia Fatmalasari , 1511414157 (2019) HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Era modern ini tidak hanya dikelola oleh individu namun juga terdapat perusahaan yang mengelola jasa transportasi. Salah satu perusahaan yang mengelola jasa transportasi di Indonesia yaitu PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa dengan brand bernama gojek. Namun sistem dan layanan perusahaan lain hampir serupa dan hasil studi pendahuluan menunjukkan kurangnya brand loyalty pada perusahaan sehingga membuat perusahaan bukan satu-satunya yang dipilih oleh konsumen. Salah satu faktor yang yang mempengaruhi brand loyalty yaitu brand image. Penelitian ini bertujuan, menguji hubungan antara brand image dengan brand loyalty secara ilmiah, mengetahui gambaran brand image pada jasa transportasi online gojek di Kota Semarang, mengetahui gambaran brand loyalty pada jasa transportasi online gojek di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu insidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 201 pengguna gojek di Kota Semarang. Hasil koefisien validitas (r) brand loyalty 0,282 sampai dengan 0,616 dan koefisien reliabilitas 0,912. Sedangkan, hasil koefisien validitas (r) brand image menghasilkan 0,294 sampai dengan 0,685 dan koefisien reliabilitas 0,922. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi ( r ) sebesar 0,756 dengan p sebesar 0,001 dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 membuktikan bahwa hipotesis penelitian “terdapat hubungan antara brand image dengan brand loyalty pada jasa transportasi online gojek di Kota Semarang” diterima. Nilai koefisien korelasi 0,756 menunjukan adanya hubungan positif. Pada variabel brand loyalty, aspek affective merupakan aspek yang paling dominan dari pada aspek lainnya dalam pengaruhnya terhadap brand loyalty pada jasa transportasi online gojek di Kota Semarang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa, apabila gojek memiliki kedekatan emosi yang positif pada pelanggannya, yang dapat membuat tanggapan positif pada gojek dan dapat mengembangkan affective loyalty pada diri pelangan. Selanjutnya pada brand image, komponen brand personality merupakan komponen yang paling dominan dari pada komponen lainnya dalam pengaruhnya terhadap brand image pada jasa transportasi online gojek di Kota Semarang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa, apabila gojek memiliki asosiasi menyerupai kepribadian manusia yang baik oleh pelanggannya, yang dapat memberikan kesan dan persepsi yang positif pada gojek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Image; Brand Loyalty; Transportasi Online; Gojek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:37
Last Modified: 05 Dec 2019 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33652

Actions (login required)

View Item View Item