EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR (MODIFIKASI ART THERAPY) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PATI


Ummahatul Masruhah , 1511414146 (2019) EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR (MODIFIKASI ART THERAPY) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR (MODIFIKASI ART THERAPY) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PATI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS KEGIATAN MENGGAMBAR (MODIFIKASI ART THERAPY) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PATI) - Published Version
Download (625kB) | Preview

Abstract

Faktor akademik berkontribusi dalam menyebabkan stres sebesar 52%, faktor lingkungan sebesar 28%, dan faktor interpersonal sebesar 20%. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada 50 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pati, sebanyak 34% atau 17 siswa mengalami stres akademik dalam kategori berat, 58% atau 29 siswa mengalami stres akademik kategori sedang, dan sebanyak 8% atau 4 siswa mengalami stres akademik kategori ringan. Salah satu cara untuk mereduksi stres adalah art therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan menggambar (modifikasi art therapy) untuk mereduksi stres akademik pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pati. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 orang, yang terbagi menjadi 17 orang kelompok eksperimen dan 17 orang kelompok kontrol. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan skala stres akademik yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai tingkatan stres akademik yang dialami oleh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pati. Pemberian perlakuan dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Z yang didapat -3,210 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari p = 0,05. Yang artinya terdapat perbedaan pada kelompok eksperimen sebelum mendapat perlakuan (pretest) dan setelah mendapat perlakuan (posttest). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, yang artinya bahwa kegiatan menggambar (modifikasi art therapy) efektif dalam mereduksi stres akademik pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menggambar, Art Therapy, Stres Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:41
Last Modified: 05 Dec 2019 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33648

Actions (login required)

View Item View Item