HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SEMARANG


Novia Betty Aulia 1511414137, 1511414137 (2019) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 SEMARANG) - Published Version
Download (320kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memberi pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta didik. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang akan berguna untuk kehidupan mendatangnya. Saat ini pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini rentan memicu terjadinya stres pada siswa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat diperlukan upaya untuk meringankan atau mengelola stres agar tingkat stres pada siswa berkurang. Ada beberapa faktor yang dapat mengurangi efek dari stres salah satunya yaitu hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian diambil dari siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala stres akademik yang terdiri dari 28 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,893 dan validitas yang berkisar mulai dari 0,319 sampai dengan 0,652 dan skala hardiness yang terdiri dari 33 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,898 dan validitas yang berkisar mulai dari 0,316 sampai dengan 0,637. Hasil penelitian ini adalah 1) gambaran umum stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang termasuk dalam kategori sedang. Namun apabila dilihat secara lebih spesifik berdasarkan empat aspek stres yaitu fisikal, emosional, intelektual menunjukkan kategori sedang. Sedangkan untuk aspek interpersonal menunjukkan kategori rendah. 2) gambaran umum hardiness pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang termasuk dalam kategori tinggi. Begitupula apabila dilihat secara lebih spesifik berdasarkan ketiga aspek hardiness yaitu control, commitment dan challenge juga berada pada kategori tinggi. 3) ada hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Semarang, karena diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,389 dengan p sebesar 0,000 (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Hardiness
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:41
Last Modified: 05 Dec 2019 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item