HUBUNGAN ANTARA SELF-MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MEDIA ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Amalia Nurhayu Larasati , 1511414134 (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF-MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MEDIA ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA SELF-MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MEDIA ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA SELF-MONITORING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI MEDIA ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa masih termasuk ke dalam kategori usia remaja, sehingga memiliki keinginan agar dirinya diterima oleh lingkungan sekitarnya. Hal itu membuat mahasiswa sadar akan penampilan dan perilaku yang ditampilkan ke pada lingkungan sekitar dan merubahnya agar menjadi sesuai dengan lingkungan sekitarnya atau disebut juga dengan self-monitoring. Self-monitoringyang ada pada mahasiswa didukung dengan pembelian produk-produk atau barang-barang yang dapat menunjang penampilan dan perilaku agar diterima oleh peer group. Produk-produk yang dibeli tersebut dibeli tanpa berdasarkan kebutuha atau melakukan pola konsumsi yang berlebihan atau perilaku konsumtif, idealnya sebagai mahasiswa seharusnya mampu mengelola pengeluaran dengan baik. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang memudahkan mahasiswa melakukan belanja melalui online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self-monitoring dengan perilaku konsumtif melalui media online shopping pada mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Hukum dengan usia 18 – 22 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala Likert Hasil penelitian ini adalah 1) Gambaran umum self-monitoring pada mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Negeri Semarang berada pada kategori sedang. 2) Gambaran perilaku konsumtif melalui media online shopping berada pada kategori sedang. 3) Terdapat Hubungan positif antara self-monitoring dengan perilaku konsumtif melalui media online shopping pada mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Monitoring, Perilaku Konsumtif, Online Shopping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:42
Last Modified: 05 Dec 2019 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33646

Actions (login required)

View Item View Item