REGULASI EMOSI DAN JOB STRESSOR PADA PERAWAT PSIKIATRI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH


Adhitya Nova Pradipta , 1511414117 (2019) REGULASI EMOSI DAN JOB STRESSOR PADA PERAWAT PSIKIATRI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of REGULASI EMOSI DAN JOB STRESSOR PADA PERAWAT PSIKIATRI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH]
Preview
PDF (REGULASI EMOSI DAN JOB STRESSOR PADA PERAWAT PSIKIATRI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Profesi sebagai seorang perawat memiliki banyak tuntutan pekerjaan yang harus dilakukan dengan situasi yang berpotensi dapat menimbulkan stres di tempat kerja. Pada hasil uji fenomena ditemukan bahwa job stressor pada perawat psikiatri masih dalam kondisi sedang. Kurangnya kemampuan regulasi emosi pada perawat psikiatri menjadi penyebab tinggi rendahnya nya job stressor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran regulasi emosi perawat psikiatri, mengetahui bagaimana gambaran job stressor perawat psikiatri, dan menguji hubungan antara regulasi emosi dan job stressor pada perawat psikiatri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat psikiatri di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah. Jumlah sampel sebanyak 67 perawat psikiatri. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala regulasi emosi dan skala job stressor. Skala job stressor terdiri dari 33 item dengan koefisien validitas antara 0,307 sampai 0,634 dan koefisien reliabilitas 0,843. Adapun, skala regulasi emosi terdiri atas 36 item dengan koefisien validitas aitem antara 0,308 sampai 0,728 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,867. Hasil olah data menunjukkan job stressor dalam kategori sangat rendah dengan aspek yang paling berkontribusi yaitu, kemampuan perawatan psikiatri. Adapun regulasi emosi berada dalam kategori tinggi dengan aspek yang paling berkontribusi yaitu kesadaran diri emosional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, job stressor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:44
Last Modified: 05 Dec 2019 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33643

Actions (login required)

View Item View Item